Untuk Menjaga Kandungan dan Kesehatan Bayi, Ratusan Bumil Lakukan Vaksinasi

0

KAB. TASIK. FOKUSPRIANGAN.ID – Vaksinasi terhadap ibu hamil (bumil) di Kabupaten Tasikmalaya, mulai dilakukan. Salah satunya dilakukan di RSU Prasetya Bunda, di ikuti ratusan ibu hamil. Senin (30/08/21).

Sebelum pelaksanaan vaksinasi para peserta (Bumil) di periksa terlebih dahulu oleh dokter spesialis kandungan. Hal tersebut supaya bisa mengetahui kondisi kesehatan janin dan usia kandungan

Dr. Triono Eddy selaku Ketua persatuan Obsetri Ginekologi Indonesia Wilayah Priangan Timur, mengatakan, tujuanya vaksinasi covid-19 ini, untuk percepatan vaksinasi dan agar ibu hamil ini terlindungi agar tidak terpapar Covid-19.

“Tujuannya adalah untuk melindungi ibu hamil dari terpaparnya virus Covid-19 sehingga terhindar dari gelala berat atau resiko kesehatan yang fatal,” ucapnya Dr. Triono.

Sementara itu, salah satu Ibu hamil Eka Rismawati mengaku ikuti vaksinasi atas kemauan pribadi. Selain untuk kesehatan, vaksinasi bisa meminimalisir gejala berat jika terpapar covid 19.

“Saya mah mau banget divaksin pak. Banyak teman saya yang hamil terpapar berat gejalanya kalau gak vaksin malahan sampai wafat. Biar tenang juga pak. Usia janin saya udah 7 bulanan,” paparnya Eka Rismawati, ibu hamil peserta Vaksin.

Sesuai aturan, ibu hamil yang mendapatkan vaksin memasuki usia kehamilan 13 minggu. Dipastikan vaksinasi covid 19 tidak berpengaruh terhadap perkembangan janin. Vaksinasi bisa melindungi ibu hamil dan meminimalisir kefatalan jika terpapar covid-19.

Ditempat yang sama, Kabid P2P Dinkes Kota Tasikmalaya Asep Hendra Hendriana menargetkan, sebanyak 3800 ibu hamil akan mendapat vaksin tahap awal. Total terdapat 11000 ibu hamil di seluruh Kota Tasikmalaya hingga akhir agustus.

“Target 3800 bumil dari total 11 ribu ibu hamil di Kota Tasikmalaya. Jadi yang bolrh vaksin usia kandungan 13 minggu.” terangnya Asep Hendra Hendriana, Kabid p2p dinkes Kota Tasikmalaya.

Baca Juga  Aniaya Warga Preman Pasar Ciwangi Dicokok Tim Maung Hideung Satreskrim Polres Sukabumi Kota

Vaksinasi ibu hamil sendiri bisa dilakukan di seluruh puskesmas di kota tasikmalaya. Ibu hamil cukup datang dan jalani proses screning tanpa harus menyertakan rujukan dokter kandungan. (Red)

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here