Memperingati Tahun Baru Islam 1443.H. Himpunan Anak Muda Sukamenak Santuni Anak Yatim Piatu

0

KAB TASIK. FOKUSPRIANGAN.ID – Dalam rangka memperingati tahun baru Islam 1443 H, Himpunan Anak Muda Sukamenak (Hamas), dengan selogan ” Jiwa Muda Bekarya dan Bekerja Nyata”, menggelar santunan anak Yatim dan Piatu, yang bertempat di Gedung serbaguna Desa Sukamenak Kecamatan Sukaresik Kabupaten Tasikmalaya, Minggu (22/8/21).

Ketua Hamas H. Maman mengungkapkan, Alhamdulillah kegiatan yang di programkan sejak berdiri Hamas pada tahun 2016 sampai sekarang tetap istiqomah dan berjalan tiap tahun, untuk menyantuni anak yatim setiap satu tahun sekali pada bulan Muharram dan bulan Ramadhan.

“Alhamdulillah sudah berjalan selama 6 tahun dan Insy Aallah Hamas pada bulan September akan melaksanakan kegiatan ulang tahun yang ke-6 tahun ,
dan Insya Allah akan di isi dengan kegiatan doa bersama,”ucap Maman kepada fokuspriangan.id usai acara.

Maman mengatakan, santunan yang diberikan kapada anak Yatim dan Piatu sebanyak 42 orang, dengan ditambah menyantuni anak yatim yang duduk di bangku kuliah dan pesantren sebanyak 10 orang, untuk total seluruhnya santunan diberikan sebanyak 52 orang.

“Sumber dana untuk santunan tersebut ini hasil dari swadaya murni masyarakat. Baik yang ada di kampung Sukamenak mau pun yang bekerja di luar kota, Alhamdulillah mereka masih percaya sampai saat ini kepada Hamas untuk menitipkan sebagian Rizki nya untuk di salurkan kepada yatim dan piatu,”kata Maman.

Lanjut Maman, Alhamdulillah yang kami lakukan ini mendapat dukungan dari kepala desa Sukamenak sekaligus sebagai penasehat Hamas yang selalu memotivasi dalam kegiatan kegiatan kami.

“Ada juga donatur yang masih warga Sukamenak tapi bekerja di Bandung, Tanggerang Karawang, Jakarta, Jawa Timur, Kalimantan dan Sulawesi. Yang menjadi kami terharu selama 6 tahun melaksanakan kegiatan ini, anak anak yang pernah kami santuni sekarang sudah bekerja dan sekarang mereka jadi donatur,”tuturnya.

Baca Juga  Anggota Polsek Mande Aipda Arif Rahman Salurkan Bantuan Semen, Bantu Pembangunan Mushola

Ia berharap, mudah-mudahan kegiatan santuni anak Yatim dan Piatu ini bisa berlanjut serta istiqomah,”harap dia.

Sementara ditempat sama kepala Desa Sukamenak sekaligus sebagai penasehat Hamas H.Undang Nuryadi, mengatakan, sangat mengapresiasi walaupun di situasi masa pandemi ini, tetapi mereka tidak pesimis menggalang dana dari masyarakat baik yang ada di Sukamenak, maupun penduduk Sukamenak yang ada di luar kota.

“Alhamdulillah di masa pandemi ini, bisa terkumpul dana untuk menyantuni anak Yatim dan Piatu Rp. 26.650.000
( Dua Puluh Enam Juta Enam Ratus Lima Puluh ) dan di bagikan kepada 52 orang, satu orang mendapatkan Rp. 400.000 ( Empat Ratus Ribu) beserta bingkisan. Bahkan dari masyarakat ada juga yang memberikan beras dan diberikan kepada anak yatim masing-masing seberat 2 kg”, kata Undang.

Lanjut Undang, kegiatan santunan Yatim dan Piatu ini dilaksanakan bukan hanya bulan Muharram, tapi bulan Ramdhan pun juga. Dari awal berdirinya Hamas ini saya sebagai penasehat tentunya sangat memberikan dukungan, bukan hanya moral saja tapi terlibat di dalamnya untuk menggalang dana”, tuturnya.

Ia meyebutkan, program program yang sudah di laksanakan oleh Hamas diantaranya bedah rumah di tahun kemarin, yang sudah di programkan dalam setahun. Dalam pelaksanaan bedah rumah tersebut sumber biaya murni swadaya masyarakat, untuk penggalangan dana di pelopori oleh anak-anak muda Hamas,” ucapnya.

Undang berharap, semoga perjuangan Hamas ini terus berkembang program- programnya bukan hanya santunan yatim dan Piatu saja. Tetapi seperti program bedah rumah, pengajian – pengajian juga. Dan mudah – mudahan terus istiqomah, terus berjalan dan lebih berkembang lagi dalam program – program lainnya, yang memang sangat di butuhkan oleh masyarakat,”pungkas Undang. (Anton)

Baca Juga  Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Tasikmalaya Gelar Pelatihan Digital Marketing
Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
4
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here