Puncak Habibie di Sukabumi Terbakar Sejak Pagi Hingga Malam Sulit Dipadamkan

0

SUKABUMI. FOKUSPRIANGAN.ID – Gunung yang dikenal dengan sebutan Puncak Habibie sejak pagi pukul 09.00 Wib hingga malam hari terbakar, Jumat (20/8/21) di Cisolok Kabupaten Sukabumi.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, lahan yang terbakar berada di wilayah Desa Pasir Baru. Perbukitan yang dulunya disebut puncak kembang, sejak tahun 1990 namanya berubah jadi Puncak Habibie, karena dibangun fasilitas radar udara oleh Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN).

Aset ini dibangun oleh BJ Habibie yang waktu itu menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi. Lahan Puncak Habibie didominasi oleh padang ilalang, semak dan perkebunan milik warga.

Menurut Warga setempat Suharman (43) mengatakan kepulan asap dari api pertama kali terlihat sekitar pukul 09.00 WIB di lereng gunung puncak Habibi.

Lokasi lahan yang terbakar memang sulit dijangkau. Hingga menghalangi upaya pemadaman.. “Tidak tahu ya berapa Hektar yang terbakar, kalau kebun sedikit paling ratusan meter, kebanyakan ilalang dan semak di tebing gunung batu puncak habibie,” katanya.

Untuk penanganan saat ini, ucapnya, sudah ada kendaraan pemadam kebakaran di lokasi, tapi kesulitan menuju akses ke lereng puncak Habibie.

Suharman mengatakan, hingga saat ini api masih terlihat berkobar dan warga belum mengetahui penyebab kemunculan api. Kebakaran yang saat ini makin meluas, berawal dari lereng, sekarang sudah mencapai puncak Habibie. “Api susah padam tadi pagi, karena arah angin nya dari bawah menuju ke puncak gunung cukup kencang, untuk ancaman ke rumah warga sementara masih aman karena lokasi nya agak jauh dari pemukiman,” jelasnya.

Menurutnya, sudah ada pemadam kebakaran sekarang jam 19.00 Wib, api masih menyala. “Warga sudah melakukan upaya pemadaman dengan alat seadanya, tapi belum berhasil,” tandasnya. ( Rusdi )

Baca Juga  (Video) Mantul..Relawan Kang H.Yanto Oce Terus Tebar Kebaikan
Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here