Pemdes Dirgahayu Laksanakan Penutupan Pelatihan dan Peningkatan Kapasitas Bagi Anggota Linmas

0

KAB TASIK.FOKUSPRIANGAN.ID – Pemerintah Desa Dirgahayu Kecamatan Kadipaten Kabupaten Tasikmalaya, melaksanakan Upacara penutupan pelatihan penguatan dan peningkatan kapasitas bagi anggota perlindungan masyarakat (Linmas), bertempat dihalaman SDN 2 Dirgahayu, Juma’ at (20/8/21).

Kepala Desa Dirgahayu Asep Budi Wahyudin mengatakan, pelatihan penguatan dan peningkatan kapasitas bagi anggota perlindungan masyarakat (Linmas) bekerjasam dengan Koramil 1204/Ciawi Kodim 0612/Tasikmalaya, untuk anggarannya bersumber dari Dana Desa Tahun 2021,”ucap Asep Budi Wahyudi kepada fokuspriangan.id, usai acara dilokasi.

Asep mengungkapkan, di Desa Dirgahayu ada 6 ke dusunan, untuk peserta pelatihan tersebut perwakilan dari masing masing kedusunan. Seluruh peserta yang hadir sebanyak 17 0rang.

“Seharusnya peserta 25 orang tapi yang 7 tidak bisa hadir dengan berbagai alasan seperti ada yang sakit di rantau dan keluarganya sakit”, ucapnya.

Nanti bagi peserta yang mengikuti pelatihan tersebut diberikan sertifikat dan uang operasional,”katanya.

Ia berharap, anggota Linmas yang sudah mengikuti pelatihan bisa mempunyai rasa tanggung jawab untuk dirinya sendiri, lingkungan. Dan berharap juga dengan adanya Linmas bisa siap siaga kampung khususnya menjaga keamanan lingkungan,” tandasnya Asep.

Di tempat sama Babinsa Desa Dirgahayu Peltu Dani Solihin mengungkapkan, dalam kegiatan peningkatan kapasitas Linmas sesuai dengan agenda kita, menekankan bagaimana tugas Linmas pada saat bencana dan tanggap bencana.

“Peningkatan kapasitas linmas secara umum berkaitan dengan pengamanan suakarsa di lingkungan masyarakat tingkat desa,”ujar Babinsa Peltu Dani Solihin kepada fokuspriangan.id, usai acara dilokasi.

Dani mengatakan, untuk materi yang di sampaikan dari mulai dasar – dasar hukum mereka melaksanakan sebagai Linmas, tata cara melaksanakan pengamanan wilayah dalam lingkup tingkat Rt sampai dengan ke tingkat desa. Kalau untuk kegiatan praktek di lapangan karena waktu pelaksanaan yang lumayan cukup singkat kita sementara hanya mengisi kegiatan dengan ketangkasa an baris berbaris.

Baca Juga  Kuasa Hukum Salahsatu Balon Kades Desa Palasari Berikan Nota Keberatan Pada Panitia Pemilihan Kades

“Agar mereka bisa menanamkan disiplin, kompak dan menunjukan loyalitas, baik itu kepada rekan sendiri atau pun kepada unsur pimpinan yang ada di wilayah masing-masing,” katanya.

Lanjut Dani, seluruh desa di wilayah Kecamatan Kadipaten, yang sudah melaksanakan kegiatan tersebut sudah empat desa diantaranya, Desa Cibahayu, Desa kadipaten Desa Pamoyanan dan Desa Dirgahayu.

Ia berharap, dengan adanya pembinaan, kedepan nya mudah-mudahan Linmas bisa melaksanakan tugas sesuai dengan fungsinya. Lebih percaya diri mereka bekerja tidak sendiri, mereka bisa solid dengan rekan rekan sesama Linmas dan mereka bisa menyampaikan kepada saat ada keluhan atau ada kendala di lapangan kepada unsur terkait,”harap dia. (Anton)

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
2
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here