Program P3TGAI Tahap 2 Akan Segera di Kerjakan

0

KOTA BANJAR. FOKUSPRIANGAN.ID – Kementerian PUPR melalui Balai Besar Wilayah Sungai Citanduy akan segera melaksanakan program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) tahap 2 tahun anggaran 2021.

Pengerjaannya sendiri akan dilaksanakan setelah Perjanjian Kerjasama (PKS) selesai. Untuk daerah Jawa Tengah dijadwalkan pada tanggal 18 Agustus 2021 sedangkan untuk daerah Jawa Barat tanggal 19 Agustus 2021.

Wilayah OP- SDA II yang meliputi Kota Banjar, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Cilacap dan Banyumas terdapat 36 titik pekerjaan P3TGAI.

Dengan rincian, Jawa Tengah 20 titik ditambah 4 titik di daerah Banyumas. Sedangkan daerah Jawa Barat, Kota Banjar 2 titik dan Kabupaten Ciamis 10 titik.

Selain untuk meningkatkan jaringan irigasi, P3TGAI juga digulirkan sebagai program infrastruktur kerakyatan atau padat karya tunai.

Dengan harapan bisa menjadi solusi peningkatan ekonomi masyarakat saat pandemi Covid- 19 khususnya di kawasan perdesaan.

Hal tersebut disampaikan oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) bidang Operasi dan Pemeliharaan Sumber Daya Air (OP- SDA) II BBWS Citanduy, Yahya Yoshua Leander, Rabu (18/8/21).

Kemudian, Yahya menjelaskan, program P3TGAI ini, mulai dari persiapan, perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi semua diserahkan kepada Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A).

“Karena mereka sendiri yang akan merasakan manfaatnya. Nantinya pun, infrastruktur yang dibangun akan menjadi aset mereka. Pihak BBWS hanya mendampingi,” ungkapnya.

Lanjutnya, secara umum program P3TGAI tahap satu sudah berjalan dengan baik, khususnya di wilayah OP- SDA II.

“Memang ada kendala di beberapa titik, baik itu kendala teknis maupun non teknis. Tentu hal tersebut akan menjadi bahan evaluasi,” ujarnya.

Ia juga meminta kepada Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) yang mendapat program ini untuk mengerjakannnya secara serius sesuai dengan prinsip P3TGAI yakni, partisipatif, transparansi, akuntabilitas dan berkesinambungan.

Baca Juga  Sejumlah Puskesmas Memilih Menolak Pasien Cabut atau Tambal Gigi, Begini Alasannya!!

“Sayang kalau dikerjakan asal-asalan. Saya pesan kepada kelompok yang mendapat bantuan P3TGAI tahap dua ini lebih serius lagi mengerjakannya,” bebernya.

Kemudian, ia mengimbau kepada semua P3A yang mendapat bantuan untuk waspada terhadap oknum-oknum yang ingin memanfaatkan program ini untuk kepentingan pribadi.

“Biasanya mereka mengklaim bahwa program ini usulannya atau lain sebagainya. Tidak ada hal seperti itu, ini murni program kementerian PUPR yang direalisasikan melalui balai wilayah sungai setiap daerah dengan anggaran dari APBN,” tegasnya. (Abid)

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
2
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here