Mantan Teroris Ikut Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-76 di Balai Kota Sukabumi

0

SUKABUMI. FOKUSPRIANGAN.ID – Ada yang lain dari upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-76 di Balai Kota Sukabumi, Selasa (17/8/21). Upacara hari kemerdekaan tersebut dihadiri oleh mantan narapidana terorisme asal Sukabumi, Robi Rubiansyah.

Meski tidak diundang, pelaku peledakan bom di Vihara Ekayana, Jakarta Barat, pada Agustus 2013 itu. Pada Selasa pagi sekitar pukul 07.30 Wib, Robi sudah ada di balai kota, ia berjalan kaki sendirian dari rumahnya di Kelurahan Nanggeleng, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. Meski tidak bisa masuk, pria berusia 36 tahun itu, berdiri di luar. Robi terlihat ikut hormat saat bendera merah putih dikibarkan dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Dia mengaku kedatangannya tersebut sebagai wujud cintanya terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Ini sebagai rasa kecintaan saya kepada Tanah Air Indonesia, yang sebelumnya tidak bisa saya lakukan akibat jalan hidup yang kami tempuh pada masa itu,” tuturnya.

Robi berharap dalam momentum hari kemerdekaan RI ke 76, sebagai sesama anak bangsa bisa saling menghargai dan toleransi. “Sudah saatnya kita bergandengan tangan dan menghargai akidah masing-masing,” ujarnya.

Dia mengaku ini pertama kali ikut upacara di Balai Kota Sukabumi usai bebas pada 2017 lalu.

Robi memastikan jiwanya kini sudah kembali ke NKRI. Dia juga mengakui Pancasila sebagai ideologi bangsa dan Indonesia sebagai negaranya. Pemikirannya yang sempat melenceng, diakui Robi karena salah pergaulan hingga kemudian terbawa dalam aksi bom 2013 silam.

Selama dalam masa pertaubatan di dalam tahanan itu Robi perlahan sadar. Ia tidak bisa melihat bagaimana saat sang istri melahirkan dan sang ibu meninggal dunia. Perlahan Robi sadar dan menyesali apa yang ia perbuat. Sampai kemudian ia bebas pada tahun 2017 lalu. “Dari situlah awal mula titik kembali saya sadar, mulai bertemu dengan Ali Imran, Umar Patek dan peristiwa yang menimpa keluarga. Mungkin itu semua teguran, hingga akhirnya saya bertekad kembali ke pangkuan NKRI dan untuk menjalani hidup seperti layaknya biasa,” katanya. ( Rusdi )

Baca Juga  TNI AL Lanal Tanjung Balai Asahan Dukung Vaksinasi 17 orang di Desa Sei Tawar
Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here