Dengan Memakai Baju Khas Sunda, Komunitas Budaya Kabuyutan Galunggung, Gelar Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke 76 Tahun

0

KAB TASIK.FOKUSPRIANGAN.ID – Komunitas Budaya Kabuyutan Galunggung, menggelar Upacara HUT Ke -76 Kemerdekaan RI di Taman Wisata Batu Mahpar Desa Sukamulih, Kecamatan Sariwangi, Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (17/8/21).

Inspektur upacara mantan Kapolda Jabar Irjen Pol (Purn) Dr H Anton Charliyan MPKN. Pelaksanaan upacara tetap mematuhi protokol kesehatan.

Mantan Kapolda Jabar Irjen Pol (Purn) Dr H. Anton Charliyan MPKN mengungkapkan, hanya di Galunggung beberapa Komunitas Budaya bersatu, dan secara tersendiri menggelar upacara memperingati HUT Kemerdekaan RI Ke -76.

“Dimana seluruh peserta upacara mengenakan busana Pangsi khas Sunda. Ini sebagai bentuk kekompakan dan kecintaan para pelaku budaya terhadap NKRI,” ujar Anton Charliyan usai kegiatan kepada wartawan.

Anton Charliyan mengatakan, peserta upacara yang merupakan perwakilan dari komunitas budaya yang ada di Tasikmalaya, semua mengenakan pakaian khas Sunda sebagaimana Presiden Jokowi mengenakan busana khas Baduy.

“Perwakilan komunitas budaya yang hadir yakni, PJBN, Laskar Macan Ali, Saputra Cilogak, Paguron Jamparing, Ormas Laskar Merah Putih Indonesia (LMPI), Forum Sunda Sadunya, PS Maenpo ulin Peueuhan, PS Panglipur Galunggung, mantan Wakil Ketua DPRD Kota Tasikmalaya Thonny T Easy, tokoh agama, tokoh budaya dan tokoh masyarakat lainnya,”ucap Anton Charliyan.

Lanjut Anton, jika tidak pandemi Covid 19, kemungkinan besar puncak peringatan HUT Ke 76 Kemerdekaan RI di sini akan lebih gebyar dan semarak. Karena ada kebanggaan tersendiri bagi saya, dimana salah satunya yakni busana khas Sunda dikenakan Presiden Jokowi pada HUT Ke 76 Kemerdekaan Republik Indonesia,”katanya.

Ia menambahkan, agar orang Sunda (Jawa Barat) senantiasa menjaga keutuhan NKRI yang merupakan hasil perjuangan dan cucuran keringat dan darah para pahlawan hingga Negara kita hari ini ada dan bisa Berdiri .”Kita patut menghormati perjuangan para pahlawan dan kini kita patut menjaganya.Kita harus terus memupuk rasa semangat seperti para pendahulu bangsa ini,”imbuhnya.

Baca Juga  Lebaran Iedul Adha bersama Bos Endang Juta

Kemerdekaan ini ditandai dengan bendera merah putih berkibar dan lagu kebangsaan berkumandang di bumi pertiwi, ini sebagai wujud bahwa tanah air tercinta Indonesia telah merdeka. Perlu diketahui bahwa tema pada HUT RI ke-76 kali ini adalah “Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”.Dan khusus di komunitas Galunggung ditambahkan dengan jaga Kabuyutan Jaga NKRI, lawan Covid 19 Indonesia Sehat Indonesia Kuat,”tandasnya. (Anton)

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here