URC Desa Mekarsari Hadir Demi Kepentingan Masyarakat Dalam Menanggulangi Covid-19 Dan Bencana Alam

0

KAB. CIANJUR. FOKUSPRIANGAN.ID – Dalam penanganan bencana dimana pun tentunya harus ada kerjasama antara Pemerintah dengan warga masyarakat, agar dalam pelaksanaannya bisa lebih cepat diatasi.

Demikian juga halnya yang dilakukan oleh sejumlah ketua RT dan RW di desa Mekarsari, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur sudah membentuk tim Unit Reaksi Cepat (URC). Hadirnya URC di desa Mekarsari walaupun baru, tapi keberadaanya sudah bisa dirasakan oleh warga masyarakat, terutama dalam mengatasi virus Covid-19.

Ketua Tim Unit Reaksi Cepat ( URC ) Desa Mekarsari, H. Moch Dede Hilmi, saat ditemui awak media seusai melaksanakan Upacara hari kemerdekaan secara Virtual di Aula Desa Mekarsari, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selala, (17/08/21) mengatakan bahwa URC merupakan tim penanggulangan bencana alam untuk, Kabupaten, Cianjur, Karawang, Sukabumi, Garut dan Ciamis.

“Namun karena sekarang ini sedang marak-maraknya covid-19, jadi kegiatan sementara ini difokuskan untuk penanggulangan Covid-19 di wilayah desa Mekarsari, dengan melakukan penyemprotan disinfektan, dengan begitu semoga bisa menekan berkembangbiaknya virus covid-19, yang selama ini belum bisa diatasi secara tuntas.” Kata Dede Hilmi.

Lanjut Dede ” jumlah keseluruhan personil URC sebanyak sebelas orang yang terdiri dari Ketua RT dan RW.
Untuk anggaran yang digunakan awalnya dari Dana Desa (DD), namun berkat perjuangan kami yang tulus akhirnya ada suport dari Pemprov Jabar. Dan kedepan kami pun berharap pihak pemerintah Kabupaten Cianjur bisa ikut mensuport kegiatan-kegiatan URC, demi kepentingan masyarakat luas, khususnya yang ada di desa Mekarsari ini.” Ungkap Dede.

Sementara Kepala Desa Mekarsari, Ujang Rahmat, S. Pd selaku pelindung URC, menuturkan bahwa dirinya sangat bangga dengan kehadiran URC, dikatakannya bahwa URC setidaknya Baisa mengatasi keluhan warga tentang bahaya Virus Covid – 19.

Baca Juga  Perkuat Senergi Aksi Cepat Tanggap Dan Masyarakat Relawan Indonesia Gelar Halal Bi Halal

“Saya sangat bangga dengan hadirnya URC, ini merupakan bagian dari pada gugus tugas desa Mekarsari, sehingga apa yang menjadi keluhan warga tentang bahaya virus covid-19 bisa sedikit teratasi, dengan cara melakukan penyemprotan disinfektan diseluruh wilayah,” Tutur Ujang.

Ujang berharap, bahwa URC selain menanggulangi virus Covid-19, kedepan URC bisa juga menanggulangi bencana lainnya.

“Kedepannya saya berharap URC ini selain menanggulangi Covid – 19 juga dapat menanggulangi bencana seperti kebakaran, bencana alam dan yang lainnya, sehingga kehadiran unit reaksi cepat (URC) bisa benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” harapnya. (Andri.S)
Yuk Gabung: Wujudkan Mimpi Anda Jadi Seorang Jurnalis

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here