H Arif Berharap di Wilayah Kerja PKM Mangkubumi Dengan Vaksinasi Bisa Secepatnya Herd Imunity

0

KOTA TASIK, FOKUSPRIANGAN.ID – Pelaksanaan vaksinasi secara mobile yang dilakukan oleh tim vaksinator Puskesmas Mangkubumi di SMA Negeri 10 yang berada di wilayah Kelurahan Karikil Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya disambut antusias ratusan siswa di sekolah tersebut, Senin, (16/8/21).

Pada kegiatan tersebut tampak dihadiri pula oleh Kapolsek Mangkubumi IPTU Hartono,SH, Kepala Puskesmas Mangkubumi H Arif Prianto,S.Kep Ners,S.Sos., M.Si, Kemenag Kota Tasikmalaya Drs Ahmad Syafi, Ketua FKPAI Kota Tasikmalaya M Yasir Arafat,S.Sy dan Penyuluh Agama Islam KUA Mangkubumi Anri Suhanri,S.Sy.

Dalam keterangannya, Kepala Puskesmas Mangkubumi, H Arif Prianto,S.Kep Ners, S.Sos., M.Si menjelaskan untuk vaksinasi sebetulnya Puskesmas itu bertanggung jawab di wilayahnya

Untuk UPTD Puskesmas Mangkubumi yang menjadi wilayah kerjanya ada 5 Kelurahan yaitu Mangkubumi, Cigantang, Karikil,Cipari dan Kelurahan Cipawitra.

Untuk saat ini memang kebijakan dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah untuk sasaran vaksin itu sudah boleh mulai dari usia 12-17 tahun. Oleh karena itu memang, kita Nakes Puskesmas Mangkubumi dari awal bulan Agustus 2021 sudah melaksanakan hampir setiap hari sasaran usia remaja tersebut divaksin.

Untuk menghindari kerumunan, bila dilaksanakan di Puskesmas, kebijakan untuk sekolah-sekolah yang siswanya banyak, kita laksanakan vaksin secara mobile. Kita membuat tim untuk kunjungan ke sekolah tersebut dan diatur sedemikian rupa.

Untuk kegiatan vaksinasi di SMA Negeri 10, yang mana sasarannya ada sekitar 1200 siswa, kan tidak mungkin dilakukan dalam satu hari, karena Nakesnya terbatas, jadi kita bagi menjadi 3 hari yang setiap harinya ada sekitar 400 sasaran siswa yang di vaksin.

Kita pun lakukan kegiatan vaksinasi ini tidak hanya di sekolah, kita juga ada layanan di Puskesmas baik vaksin dosis 1 maupun dosis 2.

Baca Juga  Sosok IPDA Agus Predi Menurut Masyarakat Mangkubumi

Untuk saat ini ada kebijakan dari Pemerintah, kita tidak lagi melihat wilayah domisili, yang namanya Warga Negara Indonesia itu harus dilayani bila ingin di vaksin. Hari ini saja di Puskesmas ada juga masyarakat di wilayah Kabupaten Tasikmalaya yang ingin di vaksin.

Yang penting, bagaimana caranya harapan kami di wilayah kerja Puskesmas Mangkubumi bisa secepatnya herd imunity begitu pun untuk sekolah.

” Memang untuk vaksin, kelihatan nya setelah kasusnya tinggi, antusias masyarakat untuk di vaksin tidak lagi melihat hoax lagi, mereka sudah merasakan, karena ternyata berdasarkan berita atau informasi lainnya, rata-rata yang sudah divaksin cenderung lebih kuat menghadapi virus Corona dibandingkan dengan yang belum di vaksin,” ungkapnya. (H.Amir)

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here