Komandan Lanal TBA Lepas Ribuan Tukik Dipulau Jemur

0

TANJUNGBALAI. (SUMUT). FOKUSPRIANGAN.ID – Pangkalan TNI AL (Lanal) Tanjung Balai Asahan bersama instansi terkait melepas ribuan ekor anak penyu hijau atau yang disebut tukik di Pulau Jemur Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau, Sabtu ( 14/8/21)

Komandan Lanal TBA Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory, S.E., pimpin langsung pelepasan tukik bersama Ketua Cabang 7 Korcab I DJA I Ny. Shinta Etwiory serta didampingi Danposal Pulau Jemur, Letda Laut (P) Lamhot M.S, yang dihadiri oleh Sekdakab Rohil Job Kurniawan, beserta kepala OPD terkait, Dandim 0321/Rohil, kepolisian dan Kades Pulau Jemur.

Dalam kesempatan tersebut, Danlanal TBA Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory, S.E., mengatakan, ” TNI AL di samping melaksanakan pengawasan di bidang pertahanan dan keamanan wilayah, TNI AL juga berperan dalam melestarikan satwa langka untuk membantu pemerintah, salah satunya dengan melakukan konservasi penyu hijau, yang mana penyu hijau atau tukik ini merupakan salah satu hewan langka, dan butuh pelestarian habitatnya. Pulau Jemur ini merupakan salah satu tempat habitat penyu hijau. Sehingga kita berkewajiban untuk menjaga kelestarian Satwa ini melalui konservasi agar tidak punah”, kata. Danlanal TBA.

Lebih lanjut Danlanal TBA mengatakan, Pulau Jemur adalah pulau terluar yang memiliki potensi cukup besar. Salah satu potensinya sebagai destinasi wisata, cuma terkendala jaringan sinyal tidak bisa berkomunikasi dan bangunan Dermaga, diharapkan kepada pemerintah daerah untuk bisa mewujudkan potensi tersebut.

Sementara, Bupati Rokan Hilir yang diwakili Sekdakab Rohil, Job Kurniawan menyampaikan, apresiasi terhadap konservasi penyu hijau yang dilaksanakan TNI AL Lanal TBA. Pemkab Rohil siap bekerjasama dengan TNI AL dalam hal menjaga kelestarian Satwa serta mewujudkan potensi wisata di pulau terluar di Sumatera yang berbatasan dengan Malaysia. “Kami sangat bangga, wilayah laut kami diawasi oleh dua Pangkalan TNI AL yakni Lanal Dumai dan Lanal TBA. Kami siap bekerjasama dengan TNI AL.,mengakhiri ucapnya. (Gani)

Baca Juga  Relawan Iye-Awab Membelot Kini Dukung Pasangan Ati-Sokhidin
Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here