Plt Wali Kota Tasikmalaya Menghadiri Apel Besar Dalam Rangka Hari Ulang Tahun Pramuka Secara Virtual

0

KOTA TASIK, FOKUSPRIANGAN.ID – Bertempat di Sekretariat Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Tasikmalaya, Hari Sabtu sore (14/8/21) Pelaksana Tugas Wali Kota Tasikmalaya Drs H Muhammad Yusuf menghadiri kegiatan Apel Besar dalam rangka Hari Ulang Tahun Pramuka, kegiatan ini dilaksanakan secara virtual melalui zoom meeting.

Plt Wali Kota Tasikmalaya Drs H Muhammad Yusuf mengatakan setelah Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945 ternyata masih terdapat cukup banyak organisasi kepramukaan, hal tersebut yang menyebabkan Presiden Soekarno dibantu Pandu Agung Sri Sultan Hamengkubuwono IX dan sejumlah tokoh lainnya menyatukan dalam wadah Gerakan Pramuka. Melalui Keputusan Presiden RI nomor 238 tahun 1961 ditetapkan bahwa Gerakan Pramuka merupakan satu-satunya wadah gerakan pendidikan kepramukaan di Indonesia.

Walaupun kita bergembira dapat mengikuti peringatan Hari Pramuka dan sekaligus perayaan 60 tahun Gerakan Pramuka pada saat ini, tetapi pandemi Covid-19 yang telah berlangsung sejak setahun yang lalu, membuat kita harus disiplin menahan diri, prihatin dan berusaha membantu menanggulangi pandemi tersebut

Itulah sebabnya tema hari pramuka dan peringatan 60 tahun gerakan pramuka adalah “Pramuka Berbakti Tiada Henti Dalam Memasuki Adaptasi Kebiasaan Baru Dengan Kedisiplinan dan Kepedulian Nasional”. Sementara slogan yang menjadi inti tema tersebut adalah “Pramuka Berbakti Tanpa Henti”.

Gerakan Pramuka memang bukan merupakan organisasi bantuan sosial, namun sebagaimana di sebutkan dalam kode kehormatan berupa Satya dan Darma Pramuka, Pramuka tetap menunjukan baktinya membantu mereka yang membutuhkan bantuan.

“Peringatan Hari Pramuka tahun ini juga ditandai dengan Bulan Bakti Pramuka, sebagaimana ditetapkan dalam Surat Keputusan Kwartir Nasional nomor 094 tahun 2021. Hal ini bukan berarti pada bulan-bulan lain Pramuka tidak mengadakan kegiatan bakti kepada masyarakat. Sudah jelas slogan kita “Berbakti Tanpa Henti”, namun khusus di bulan Agustus semua kegiatan bakti tersebut ditingkatkan, dilipat gandakan dan di masifkan,” ungkapnya. (H.Amir)

Baca Juga  Patut di Apresiasi..Lagi Lagi Kang H.Yanto Oce Lakukan Aksi Sosial Bantu Warga Berikan Paket Sembako
Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
2
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here