Pendaftaran Calon Ketua Apdesi Kab.Tasikmalaya Sudah di Mulai: Ini Kata Ketiga Calon Ketua

0

KAB TASIK.FOKUSPRIANGAN.ID – Pendaftaran bakal calon Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia ( APDESI ) Kabupaten Tasikmalaya, mulai di gelar, bertempat di sekertariat Desa Cintaraja Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Jum’at (13/8/21)

Tiga bakal calon Ketua Apdesi Kabupaten Tasikmalaya Periode 2021-2026, yang hari ini mendaftar yaitu, Kepala Desa Tanjungbarang, Kecamatan Cikatomas,H. Pepen Rosmudin, S.H ( Gareng ), Kepala Desa Tarunajaya Kecamatan Sukaraja H. Saefuloh S.H, dan Nandang Abdul Ajiz kepala desa Tawangbanteng Kecamatan Sukaratu.

Kepala Desa Tanjungbarang, Kecamatan Cikatomas, H. Pepen Rosmudin ( Gareng ) mengungkapkan, mencalonkan diri untuk Ketua Apdesi kabupaten Tasikmalaya salah satunya ingin mempererat persatuan dan kesatuan, menjalin komunikasi kepada rekan-rekan kepala desa,”ujar Pepen Rosmudin ( Gareng ) ,kepada wartawan, usai pendaftaran sebagai bakal calon Ketua Apdesi Kabupaten Tasikmalaya.

Gareng mengatakan, visi misi kami ingin mengdongkrak dan mendorong rekan-rekan di tingkat kepala desa bekerja sama atau pun berkordinasi semua stekholder yang ada seperti, Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya dan APH.

“Pemerintah Desa bagian dari bawah atau pondasi Negara dan Pemerintah Desa adalah agen kemajuan bangsa, kalaulah desa itu tidak maju negara pun tidak akan maju,”Kata Gareng.

Gareng menyebutkan, yang menjadi kendala kalau kita bicara ke belakang dari ke pengurusan sebelumnya saya tidak mejelekan itu memang banyak kendala dalam sebuah komunikasi, yang terjadi penyempitan dengan para kepala desa. Artinya disini karena memang sulit karena kita perlu mengedukasi dari berbagai pihak, memang bukan kewajiban kepengurusan Apdesi Kabupaten Tasikmalaya saja termasuk mungkin yang harus koperatif dari rekan rekan kepala desa sekalipun,”ucapnya.

Lanjut Gareng, harapan kami memang tujuan Pemerintah Desa atau pun kepengurusan Apdesi hari ini se hebat apapun kepengurusan dengan perencanaan (plening), tanpa adanya dukungan dari rekan-rekan kepala desa lainnya tidak akan sukses dan tidak akan beres permasalahan desa dan pemerintahan desa,”imbuhnya.

Baca Juga  Munculnya Beragam Spekulasi Dugaan Kebakaran Lapas Klas 1 Tangerang, Ini Kata Kemenkumham

Sementara Kepala Desa H. Saefuloh S.H, Desa Tarunajaya Kecamatan Sukaraja, menjelaskan, kebetulan saya menjabat kades yang ke 3 kalinya. Keterlibatan di ke pengurusan Apdesi Kabupaten Tasikmalaya ini, Alhamdulillah dari 2007 sudah aktif hingga sekarang, di struktur di bagian anggota LBH”, ujar H. Saefuloh S.H.

Saefuloh mengatakan, menjadi motivasi saya untuk Muscab Apdesi Kabupaten Tasikmalaya sekarang ini tidak ada hal yang saya harapkan, selain belajar dan menyimak dari pengalaman yang sudah dijalani serta alami bahkan perhatikan.

“Memang mungkin ke depan emosional dengan para kepala desa. Menjadi ke pengurusan ke depan saya terlibat DPC APDESI, untuk membantu para ketum yang belum tersentuh akan diperbaiki. Apa lagi sekarang sedang pahit-pahitnya kita dengan bersentuhan dengan APH”, katanya.

Untuk mencalonkan diri sebagai Ketua Apdesi Kabupaten Tasikmalaya, sebut Saefuloh, dorongan pribadi, ingin lebih dekat dengan para kepala desa, dan saya hadir untuk membantu.Tidak lepas dari pengalaman yang sudah di jalani selama tahun 2007 lalu sampai sekarang.

Ia menambahkan, Strategi kalau ditakdirkan terpilih akan diterapkan seperti, Tasik Utara, Selatan, Barat, Timur, menempatkan perwakilan di tiap zona agar tidak menjadi ke cemburuan sosial. Juga bisa mempercepat komunikasi ketika ada infomasi dari pusat”, ujarnya.

Sementara di tempat sama Kepala Desa Tawang Banteng Kecamatan Sukaratu, Nandang Abdul Ajis mengungkapkan, yang
menjadi spirit saya untuk mengabdikan diri di Apdesi Kabupaten Tasikmalaya, adalah bahwa Apdesi merupakan rumah besar perjuangan kepala desa, yang mana Apdesi harus memiliki marwah dan menjadi corong bagi kepala desa. Diantaranya spirit itu yang menjadi itikad saya menjadi Apdesi di kabupaten Tasikmalaya”, ujar Nandang Abdul Ajiz.

Nandang mengatakan, kebetulan dengan rekan-rekan kepala desa tidak ada sekat dengan kepala desa lama dan baru, tapi saya menjadi salah satu kandidat yang notabennya paling muda. Sehingga saya harus banyak belajar sama-sama dengan kepala desa lainnya. Pemerintah Desa merupakan kekuatan bangsa atau negara Republik Indonesia, dari desa akan terwujud suatu pribadi yang besar untuk mewujudkan harapan seluruh warga yang berada di Republik Indonesia (RI).

Baca Juga  Langkah Nyata Peduli Sesama Terus Digelorakan Oleh Kang H.Yanto Oce Melalui Relawannya Untuk Bantu Warga

“Dengan beberapa kepala desa sering diskusi dan memotivasi bagaimana sering desa dan gagasan tentang kemajuan desa, baik yang notabennya kepala desa merupakan pengurus Apdesi atau pun anggota Apdesi”,katanya.

Sementara itu, ucap Nandang, saya merumuskan dengan rekan rekan desa membangun bangsa dari Apdesi membangun Negeri. Estapet perjuangan yang sudah dilakukan Panji Permana Ketua Apdesi Kabupaten Tasikmalaya yang sekarang dan rekan rekan yang mengabdi di Apdesi ini, harus di lanjutkan spirit atau perjuangan memajukan Apdesi.

Demi Apdesi bermartabat, memiliki marwah dan Apdesi yang betul-betul dirasakan oleh seluruh kepala desa di kabupaten Tasikmalaya, demi Tasik yang maju dan gemilang,” ucapnya.

Ia menambahkan, ketika saya bulan Desember lalu dilantik saya malah banyak belajar dari rekan rekan kepala desa. Hubungan saya dengan beberapa kepala desa lain, adalah kita menganggap rekan bukan saingan. mereka adalah sahabat perjuangan yang memiliki ide dan gagasan yang luar biasa untuk berkolaborasi memajukan desa.

Program baik harus dilanjutkan, ada beberapa program kerja yang mendesak ke depan bagaimana memposisikan dan memperkuat kembali bahwa Apdesi ruang strategis untuk mendorong Kabupaten Tasik. Harus menjadi mitra strategis, dan sinergis dengan pemerintah baik eksekutif, legislatif dan edukatif. Peran Apdesi harus tumbuh dan kuat ketika beberapa yang harus di kritis. Insya allah ke depan membangun komunikasi yang baik dengan berbagai stakeholder agar lebih maju ke depannya”, tandanya. (Anton)

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here