Peduli Pada Sesama, Rumah Zakat Adakan Program Borong Berbagi di Hari UMKM Nasional

0

JAKARTA. FOKUSPRIANGAN.ID – Tanggal 12 Agustus, ditetapkan sebagai hari UMKM Nasional. Hal ini harusnya membuat UMKM lebih bahagia di hari tersebut. Namun, pandemi Covid 19 yang telah berlangsung hampir 2 tahun seperti membalikkan itu semua.

Tak sedikit pelaku UMKM yang terdampak dengan adanya pandemi tersebut. Mulai dari penurunan Omzet, bahkan sampai tutup sama sekali.

Untuk itu, Rumah Zakat sebagai lembaga kemanusiaan yang berbasis Pemberdayaan, bertekad untuk terus memberikan kebahagiaan kepada pelaku UMKM. Salah satunya adalah dengan mengadakan “Program Borong Berbagi”, dalam rangka merayakan hari UMKM Nasional yang dilaksanakan di Wilayah Desa Berdaya yang menjadi Binaan Rumah Zakat.

Salah satu titik pelaksanaan Program Borong Berbagi tersebut adalah di Wilayah Clincing, Jakarta Utara. Program tersebut menyasar sebuah kelompok usaha bersama yang dimiliki warga yang dinamaka Badan Usaha Milik Masyarakat “Kancil” (BUMMas Kancil).

Kelompok Usaha ini merupakan Kelompok Usaha yang dikelola dan dijalankan oleh sejumlah warga secara bersama sama uang juga menjadi tumpuan perekonomian dari setiap anggotanya.

Menurut Sunarmi yang merupakan ketua BUMMas Kancil, mengatakan, pandemi covid 19 yang sedang mewabah, membuat omset Kelompok Usaha tersebut berkurang drastis hingga 80%, hal tersebut tentunya membuat stabilitas Kelompok usaha tersebut menjadi terganggu,”ucapnya.

“Untuk mengembalikan semangat para Anggota BUMmas Kancil dan mendorong bangkitnya usaha tersebut, Rumah Zakat Mengadakan Program Borong Berbagi.

Program tersebut diadakan dalam rangka menyambut Hari UMKM Nasional, dan bertujuan untuk memberikan Stimulus agar usaha Kelompok tersebut bisa terus berjalan dan tetap memenuhi kebutuhan para Anggotanya,”katanya.

Dalam Program tersebut, Rumah Zakat memborong sebanyak 20 Paket Sembako yang setiap paketnya terdiri dari 5 kg beras, minyak Goreng, terigu, gula, mie instant, dan susu UHT.

Baca Juga  DR. Ir. Hj. Endang Setyawati Thohari, DESS, M.Sc, Monitoring Penerima Aspirasi Hewan Ternak

Tak hanya sampai disitu, Paket Sembako yang sudah dibeli, kemudian diberikan secara percuma kepada warga kelurahan Cilincing yang menjalankan Isolasi mandiri.” Hal tersebut tentunya dilaksanakan sebagai wujud kepedulian Rumah Zakat kepada warga yang terpapar Covid 19 dalam rangka memberikan bantuan kebutuhan harian mereka.

Sementara, Yanti salah satu anggota Kelompok BUMMas Kancil mengaku sangat merasa terbantu dengan adanya Program Borong Berbagi yang dilaksanakan oleh Rumah Zakat tersebut. Menurut dia hal semacam ini bisa memberikan semangat dan harapan agar Usaha tersebut tetap bisa berjalan. Selain itu ia juga merasa senang dapat dilibatkan dalam membantu penyaluran paket sembako yang telah diborong oleh Rumah Zakat, untuk diberikan kepada warga yang sedang menjalankan isolasi mandiri di rumahbya masing masing,”ucap Yanti.

“Alhamdulillaah, pada tanggal 11 Agustus 2021 kemarin, dalam rangka menyambut hari UMKM Nasional, kami dari Rumah Zakat, bisa mengadakan Program Borong Berbagi di BUMMas Kancil yang merupakan kelompok usaha yang dijalankan secara bersama oleh warga. Melalui Program ini Kami berharap agar para pelaku UMKM seperti ini, bisa terus bertahan di tengah kondisi pandemi saat ini. Dan juga Agar para pelaku UMKM agar terus bersemangat dalam menjalankan usahanya” ujar Nurdin, selaku Program Head Rumah Zakat Jakarta. (Nur Azizah)

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here