TP PKK Tingkat Kecamatan Pagerageung Dan Desa, Melaksanakan Gebyar Vaksin Covid 19

0

KAB. TASIK.FOKUSPRIANGAN.ID – Dalam rangka Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-49 tingkat kabupaten Tasikmalaya tahun 2021.

Tim penggerak pemberdayaan kesejahteraan keluarga (TP PKK) tingkat Kecamatan Pagerageung dan Desa, melaksanakan gebyar vaksin covid 19 bagi masyarakat di wilayah Kecamatan Pagerageung, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, bertempat di Puskesmas Pagerageung, Kamis (12/8/21).

Plt Camat Pagerageung Asep Priyatin Saputra, S.STP., MM, mengungkapkan, pelaksanaan gebyar vaksinasi covid 19 hari ini se Kabupaten Tasikmalaya, untuk wilayah kecamatan Pagerageung di targetkan peserta vaksin berjumlah 500 orang, masing- masing desa se Kecamatan Pagerageung untuk peserta yang harus di vaksin 50 orang per desa.

“Alhamdulillah antusias masyarakat sangat tinggi, bahkan sampai melebihi target. Dengan melihat antusias masyarakat yang ingin di vaksin khusus Pagerageung bagus tidak termakan Hoax,” ujar Asep Priyatin Saputra kepada fokuspriangan.id, dilokasi pelaksanaan vaksin.

Asep mengatakan, untuk sekarang yang sudah di vaksin sebanyak 5000 lebih orang, sekitar 11 persen capaian kecamatan Pagerageung. Mudah-mudahan karena menurut informasi akan diadakan rutin setiap minggu atau tiap bulan rencananya. Artinya kalau direncanakan seperti itu mudah – mudahan target bisa tercapai 70 persen,” ujarnya.

Ia berharap, yang pertama covid 19 ini cepat menjadi terkendali, untuk hilang kemungkinan kecil menurut banyak peneliti bilang pandemi ini tidak akan berakhir dalam waktu dekat. Pada saat ini kita hanya bisa mengantisipasi, kita berdamai dengan covid caranya harus memiliki kekebalan tubuh dengan cara ikhtiarnya salah satunya di vaksin”, kata Asep.

Sementara ditempat sama Yoyo Suhartoyo,S.Km, petugas promosi kesehatan Puskesmas Pagerageung mengungkapkan, pelaksanaan vaksin hari ini serentak se kabupaten Tasikmalaya. Kebetulan kecamatan Pagerageung mendapat jatah kuota setiap desa itu 50 orang untuk vaksinasi dan jumlah total sasaran 500 orang.

Baca Juga  Wabup Ciamis dan Forkopimda Ikuti Rakor Penegakan Hukum dan Disiplin Jelang PPKM Darurat Jawa-Bali

“Khusus untuk gebyar vaksin covid 19 hari ini jenis vaksin ada tiga yang digunakan yaitu, Sinovac itu untuk umur 12-18 tahun, astrazaneca 18-60 tahun, dan 60 tahun ke atas menggunakan Sinoparm serta Disabilitas juga Sinoparm. Untuk masing masing orang di bagi vaksin jenis Astrazeneca-400 dosis dibagi 10 desa, Sinovac-100 dosis
dibagi 10 desa dan Sinoparm-20 dosis”, ucap Yoyo Suhartoyo.

Yoyo menjelaskan, Alhamdulillah sebelum kami melaksanakan vaksin, melaksanakan dulu rapat kordinasi yang di pimpin oleh pak Camat, menindak lanjuti untuk penentuan sasaran dan sebagainya.

“Alhamdulillah antusias masyarakat sangat tinggi, malah kalau dilihat dari antusias sekarang melebihi dari kuota 500. Rencana untuk tambahan nya siang hari setelah proses yang 500 selesai,” imbuhnya.

Untuk antisipasi berkerumun masyarakat yang di vaksin dari 10 desa, kami atur jadwal dua desa masing masing satu jam,” katanya.

Di singgung kenapa di pusatkan di puskesmas. Ia mengatakan, dari sisi sarana prasarana kemudian dari sisi SDM kita di Puskesmas, agar memudahkan petugas dalam melakukan vaksin karena ketersediaan yang harus sesuai dengan suhu dan dari vaksin itu, ini juga salah satu pertimbangan. Ini bukan kemauan Puskesmas tapi dari seluruh desa.
Pemerintah desa belum siap kalau dilaksanakan vaksin di desa.

“Kerena pada hari ini menggunakan vaksin yang baru. Yang sebelumnya mengunakan vaksin Sinovac dan sekarang menggunakan vaksin Astrazeneca dan Sinoparm,”terang Yoyo.

Yoyo menambahkan, dengan adanya arahan dari pak Camat sinergitas antara Muspika sangat bagus. Yang melibatkan semua unsur lain seperti, organisasi masyarakat sehingga untuk sosialisasi masyarakat itu akan bisa cepat tersampaikan. Buktinya dari antusias masyarakat untuk di vaksin dalam 1 hari bisa menghadirkan 500 orang. Alhamdulillah semuanya bergerak dari PKK, Karang Taruna, unsur masyarakat juga ikut serta dalam kegiatan ini,” tandasnya. (Anton)

Baca Juga  Walikota Banjar Akhirnya Bisa Divaksin
Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here