Langkah Pengelola TPS3R Desa Gunungsari, Kabupaten Cianjur Patut ditiru

0

KAB.CIANJUR. FOKUSPRIANGAN.ID – Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R) di Kampung Pasir Cau, Desa Gunungsari, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur Jawa Barat terbilang berhasil. Pasalnya kini TPS3R yang dikelola oleh Yepi (36) sudah dapat mempekerjakan 10 orang warga sekitar.

“Alhamdulilah berkat kesabaran dan keuletan kami kini TPS3R ini dapat menampung 1 ton sampah dalam sehari dari satu Desa,” kata Yepi ditemui awak media di Lokasi TPS3R, pada Selasa, (10/08/21).

Yepi menyebutkan, bahwa tidak mudah dalam mengelola TPS3R perlu kesabaran yang cukup tinggi.

“Empat bulan pertama itu nol belum bisa mendapatkan penghasilan bahkan harus nombok untuk membayar pegawai,” pungkasnya.

Sambung nya,” setelah berjalan lima bulan hingga enam bulan baru bisa mempelajari celahnya, dan berkat kerjasama juga dengan rekan rekan akhirnya kami kini bisa bekerja sama dengan pabrik plastik, dan dapat menggaji 10 pegawai, seta dapat memberi kontribusi ke Desa untuk akomodasi Ambulan,” sambungnya.

Yepi menjelaskan bahwa 1 ton sampah hanya 20 % saja yang di buang ke tempat pembuangan akhir dan 80% semuanya dapat dimanfaatkan bahkan kini dirinya sudah mempersiapkan program Bank sampah.

“Dari sekian banyak sampah yang masuk hanya 20 % yang dibuang ke tempat pembuangan sampah dan 80% bisa dimanfaatkan,” ujarnya.

Selain mempersiapkan program Bank Sampah Yepi juga menyebutkan bahwa kini dirinya dan rekan rekannya telah kewalahan bahan baku untuk pupuk Organik.

“Kami juga saat ini sedang kewalahan pesanan pupuk organik, kami kewalahan karena di bahan bakunya,” ungkapnya.

Yepi berharap apa yang telah dicapainya dapat terus bertahan dan apa yang diharapkan dapat terlaksana.

“Mudah mudahan ini terus berkembang agar dapat menambah jumlah pegawai dan apa yang direncanakan segera terlaksana,” harapnya. (Andri.S)

Baca Juga  Bupati Sukabumi Buka Pelatihab Peningkatan Mutu Satgas Desa Religiuw Mubarokah
Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here