Engkong Pedagang Ikan Cupang di Cicurug Terpuruk Akibat PPKM Akan Kibarkan Bendera Kuning

0

SUKABUMI. FOKUSPRIANGAN.ID – Di masa pandemi Covid-19 ini atau semenjak pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat ( PPKM ) se Jawa Bali. Usaha Menengah Kecil ( UMK ) ikan hias jenis ikan cupang di Kabupaten Sukabumi terjun bebas, sehingga banyak yang gulung tikar akibat sepinya pembeli.

Salah seorang pedagang ikan cupang, Agus Salim (62) di Jalan Pasawahan Desa Pasawahan Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi kepada Kabarrakyat.id, Rabu (4/8/21) mengatakan kalau usaha yang ia geluti dan rintis sudah lama, hancur dihantam pandemi Covid-19. Pasalnya, menurut Engkong sapaan akrab Agus Salim, berbagai kontes ikan cupang tidak boleh digelar, lantaran ditakuti akan menimbulkan kerumunan. “Waduh kacau dah, rakyat kecil kayak saya, yang cuma berdagang ikan cupang jadi kalangkabut, dapur jadi gak ngebul,” ucap Engkong.

Dia bercerita, kalau sekarang toples-toplesnya yang berisi ikan cupang biasanya dipenuhi sama ikan cupang barang dagangannya. “Sekarang toplesnya kosong, ini juga lagi saya cuci satu persatu,” katanya sambil menunjukan tumpukan toples kosong digerainya.
Dikatakannya, apalagi dengar kabar kalau tadi malam PPKM diperpanjang. “Ampun dah, semakin hancur saja nasib rakyat kecil ini,” ujar Engkong.

Dulu sebelum pandemi dan PPKM, ucapnya, ikan cupang sempat menjadi primadona andalan. “Tapi sekarang, jangankan penghobi ikan cupang, anak kecil saja udah gk ngelirik,” tutur Engkong sedih.

Dirinya mengaku prihatin dengan keadaan ini, tidak ada bantuan apapun dari pemerintah. “Mana bansos yang didegung-degungkan bakal cair buat rakyat kecil, sampai sekarang Alhamdulillah cuma ngedenger doang, tapi gk ada tuh,” ucap Engkong.

Engkong mengaku tidak akan mengibarkan bendera putih seperti yang lainnya. “Nanti saya akan kibarkan bendera kuning sebagai simbol matinya kepedulian yang diatas untuk rakyat kecil,” tandasnya.
( Rusdi )

Baca Juga  Police To The Campus, Pelajar Mendapat Ilmu Safety Riding
Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here