Tim Gugus Tugas Kec.Jamanis Laksanakan Pengukuhan Tim Satgas Pemulasaraan Jenazah Covid-19

0

KAB TASIK.FOKUSPRIANGAN.ID – Tim Gugus tugas Kecamatan Jamanis melaksanakan pengukuhan tim satgas pemulasaraan jenazah dan pemakaman tingkat Kecamatan Jamanis. Sekaligus penyempurnaan simulasi pemulasaraan jenazah, bertempat di Gedung Dakwah Islam Kecamatan Jamanis, Kamis (29/7/21).

Acara tersebut turut di hadiri, Camat Jamanis, Kapolsek Jamanis , Danramil 1205/Rajapolah, Ketua MUI Kecamatan Jamanis , Kepala KUA, Kepala Puskesmas, para Kepala Desa, para Ketua MUI Desa, Relawan, dan
tiga orang perwakilan dari tiap Desa.

Camat Jamanis Winardi Hidayat S.IP, M.Si, mengungkapkan, dalam menyikapi keluhan dan harapan warga dalam pemulasaraan jenazah. Bagi jenazah yang meninggal nya karena terkena Covid 19, kami membentuk Satgas untuk penanganan pemulasaran jenazah dan pemakaman covid 19 sesuai dengan sandaran ketentuan dalam pelaksanaannya yaitu.

1. Kep.Menteri kesehatan RI no. HK.01.07/MENKES/ 4834/2021, ttg ” Protokol Penatalaksanaan Pemulasaraan dan Pemakaman Jenazah Covid 19.

2. Fatwa MUI no 18 Tahun 2020 ttg “Pedoman Pemulasaraan Jenazah Muslim yang Teronfirmasi Covid 19.

Dari dua sandaran itulah kami bersama Muspika, Ka.Puskesmas, Para Kades, para tokoh ulama dan masyarakat dan lain – lain bermusyawarah secara bertahap dalam rangka menyempurnakan pemulasaraan jenazah covid 19″, ujar Winardi Hidayat kepada fokuspriangan usai kegiatan.

Winardi mengatakan, tim yang di tugaskan untuk pemulasaraan jenazah dapat melaksanakan tugasnya sesuai dengan aturan dan di akui kesempurnaan pemulasaraannya oleh berbagai pihak,”katanya.

Lanjut Winardi, sehingga kegiatan ini dapat di ketahui oleh berbagai pihak, dan nantinya juga Insya Alloh pengetahuan yang di dapat kan hari ini ditransferkan informasinya kepada masyarakat. Sehingga masyarakat dapat memahami tentang pemulasaraan dan penguburan jenazah covid 19.

” Dengan sudah terbentuknya tim pemulasaraan jenazah dan pemakaman, tentunya akan memudahkan warga apabila ada salah satu keluarga nya yang meninggal karena covid 19. Tidak lagi harus di pulasara di Rumah Sakit, melainkan dapat pula di pulasara di daerah/ wilayah khususnya di kecamatan Jamanis. Keluarga Almarhum nantinya dapat melihat langsung proses pemulasaraan nya dan siapa saja (petugas) yang melaksanakan pemulasaraan nya,”ucap dia.

Baca Juga  DPC PDI Perjuangan Kab. Tasikmalaya Gelar Konsolidasi Partai dan Musran di Dapil 1

Dengan pelaksanaan, tambah Winardi, pemulasaraan jenazah dapat di laksanakan di wilayah, tentunya akan menjadikan warga/ khususnya keluarga “reug reug” karena dalam pelaksanaan pemulasaraan di tangani oleh tim yang dapat dipercaya dalam melaksanakan tugasnya.

Mudah-mudahan dengan pemahaman yang sama tentang pelaksanaan / proses pemulasaraan jenazah dan pemakaman covid ini, tidak lagi ada penolakan dari warga untuk di pulasara sesuai dengan protokol kesehatan. Apabila ada salah satu warga yang meninggal karena covid 19″, pungkasnya. (Anton)

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
3
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here