Kabupaten Sukabumi Raih Penghargaan 3 Kali Berturut-turut Dari Kementrian P3A RI Sebagai Kabupaten Layak Anak 2021

0

SUKABUMI. FOKUSPRIANGAN.ID – Pemerintah Kabupaten Sukabumi menoreh prestasi lagi walau sedang dilanda pandemi Corona yang tak kunjung usai. Kali ini untuk ketiga kalinya Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia memberikan penghargaan kepada Kabupaten Sukabumi sebagai Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) tahun 2021. Lebih membanggakan, karena kategori penghargaan yang diperoleh tahun ini adalah Pratama. Pengumuman penghargaan dilakukan secara virtual, serta disaksikan langsung oleh Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, di Gedung Negara Pendopo Sukabumi, Kamis (29/7/21).

Terkait penghargaan tersebut, Marwan mengaku bangga. Sebab menurutnya, daerah yang wilayahnya cukup luas, terbilang jarang memperoleh penghargaan tersebut. Terlebih sampai tiga kali berturut-turut. “Daerah yang luas, jarang ada yang masuk. Kabupaten Sukabumi Alhamdulillah, meskipun masih Pratama,” ujarnya usai menerima penghargaan.

Meskipun prestasi yang dicapai sangat baik, Marwan mengatakan akan tetap mengevaluasi hasil peraihan penghargaan KLA kategori Pratama ini. “Kita akan evaluasi kendala. Namun yang paling kita yakini kendalanya adalah dari luasan wilayah. Sebab secara nilai, Kabupaten Sukabumi cukup tinggi,” ucapnya.

Program pemberdayaan anak, ucapnya, terutama di level kesehatan dan pendidikan harus dimaksimalkan. Berbagai dukungan lewat payung hukumnya pun dilakukan, mulai dari Peraturan Bupati hingga Peraturan Daerah.
“Tanpa anak yang sehat dan berpendidikan, akan sulit memajukan Kabupaten Sukabumi, provinsi, hingga nasional. Karena itu perlu ditambah pemenuhan ruang berkreasi dan bermain anak di setiap wilayah. Sejumlah payung hukum yang berpihak kepada anak kita buat. Sukabumi yang maju itu harus memulai dengan generasi yang hebat,” tegasnya.

Sementara itu Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengatakan, terdapat 275 daerah yang mendapatkan penghargaan KLA se-Indonesia. Penghargaan KLA sendiri terdiri dari kategori Utama, Nindya, Madya, dan Pratama.

Baca Juga  Katar Kecamatan Sukaresik Selengarakan Restoking Ikan Sekaligus Penanaman Pohon, Ini Kata Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Citanduy

Penghargaan ini ucapnya, diberikan kepada daerah yang berkomitmen tinggi mendukung pemenuhan dan perlindungan anak. Apalagi sepertiga populasi di Indonesia merupakan anak-anak.
“Penghargaan ini jangan dilihat sebagai tujuan akhir, namun penyemangat untuk maju menuju Indonesia maju,” tandasnya.
( Rusdi )

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here