Bantu Pemerintah Lawan Covid-19, Karang Taruna Banten Dirikan Ratusan Posko PPKM Mikro

0

CILEGON, FOKUSPRIANGAN. ID – Karang Taruna Provinsi Banten telah mengeluarkan SK Pengurus Karang Taruna Provinsi Banten Nomor: 103.1Kep/KT-BTN/VII/2021, tentang relawan PPKM Mikro Karang Taruna. Dimana dalam SK tersebut Tatang Tarmizi diangkat sebagai Koordinator. Senin (19/7/2021).

Tujuannya adalah untuk membantu pemerintah dalam memutus mata rantai penularan covid-19. Koordinator PPKM Mikro Karang Taruna Provinsi Banten Tatang Tarmizi mengatakan, dengan dibentuknya relawan PPKM Mikro Karang Taruna bertujuan untuk melakukan upaya pencegahan Covid-19 di tingkat Kelurahan, RT/RW secara lebih aktif dan masif.

“Relawan PPKM Mikro Karang Taruna, ini adalah ide dari ketua umum KT Banten Bung Andika Hazrumi. Agar anggota maupun kader-kader KT Banten ini bisa menyalurkan empatinya, dalam rangka membantu pemerintah memutus mata rantai penyebaran covid-19,” ujar pria yang akrab disapa Kang Itang saat acara podcast Club Mari Bicara.

Dikatakan Itang, relawan KT pelaksana PPKM Mikro dalam melaksanakan kegiatan dan menggunakan prinsip kesukarelaan dan gotong royong dengan melibatkan dukungan warga masyarakat setempat.

“Salah satunya adalah perintah dibuat posko-posko relawan PPKM. Saya di tunjuk sebagai koordinator untuk mengkordinasikan bagaimana teman-teman KT di Banten ini agar terkordinasi dengan baik. Saya ditunjuk untuk melaksanakan koordinasi itu, semata-mata dalam rangka membantu pemerintah, walaupun sebelum dibentuk posko juga KT ini sudah dulu aktif di lingkungan masing-masing,” terangnya.

Hingga saat ini, kata Itang, Sudah ada kurang lebih 800 posko PPKM Mikro relawan Karang Taruna se Provinsi Banten. Bahkan Se indonesia baru Karang Taruna Provinsi Banten yang secara resmi mengeluarkan SK Karang Taruna di seluruh Kabupaten Kota di Provinsi Banten agar berperan aktif dalam pencegahan Covid-19.

“Ini di SK kan resmi kemudian di evaluasi setiap hari dan tentunya dibantu dengan sekretariat jajaran serta pengurus lainnya. Kita di Karang Taruna terus berkoordinasi dengan stake holder. Contohnya bagi bagi masker, semprot disinfektan, bantuan untuk warga isoman. Hal-hal begini kan kita bergeraknya langsung, sumber logistik dan sebagainya dilakukan swadaya,” pungkasnya.

Baca Juga  Akibat Diguyur Hujan Jalan Raya Cikatomas Amblas Setinggi 5 Meter

Itang berharap, masyarakat juga dapat membantu pemerintah dalam pencegahan penyebaran covid-19

“Kami berharap, bagaimana masyarakat ini betul-betul patuh dengan anjuran dan instruksi pemerintah, karena memang problem utamanya adalah mentalitas. Bagaimana maysarakat sadar bahwa Covid-19 ini bukan saja musuh pemerintah, tapi ini adalah musuh kita semua, musuh masyarakat dunia, maka dari itu kita harus mengalahkan Covid-19 ini secara bersama sama,” harapnya.

Sementara itu, Mas Mulyana Ketua Karang Taruna Kecamatan Citangkil mengungkapkan, Karang Taruna Kecamatan Citangkil berkomitmen untuk menjalankan instruksi dari Karang Taruna Provinsi Banten.

“Sudah pasti kita kader yang dibawah akan melaksanakan intsruksi tersebut. Dengan adanya PPKM seperti ini, sebuah langkah cerdas dari Bung Andika, bagaimana KT bisa berperan aktif membantu pemerintah. KT ini siap bergerak apalagi ketua KT Provinsi mengintruksikan,” ucap Mas Mulyana.

Ia menambahkan, pihaknya telah mengumpulkan para Ketua KT di Kecamatan Citangkil menyikapi surat edaran PPKM Mikro Banten.

“Di Kecamatan Citangkil ada 7 Kelurahan. Alhamdulillah di 7 Kelurahan ini KT aktif semua. Geloranya luar biasa untuk membangun masyarakat melalui KT. Menyikapi surat edaran PPKM Mikro Karang Taruna Banten, saya kumpulkan dan saya rapatkan, dan alhamdulillah, mereka langsung bergerak, mereka membuat poskonya di sekret masing-masing. Jadi di posko itu mereka ini coba membantu menjadi jembatan komunikasi antara masyarakat dengan relawan PPKM di tiap RW, relawan PPKM di tiap RW keterbatasan personil, disitulah relawan KT Kelurahan tampil. Dan kita terus berkoordinasi dengan RT RW Kelurahan, apa yang belum tercover KT akan muncul,” terangnya. (Aan.SGT)

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here