Satgas Covid-19 Kec.Jamanis Kab.Tasikmalaya Laksanakan Simulasi Pengurusan Jenazah Yang Terpapar Covid 19

0

KAB TASIK. FOKUSPRIANGAN.ID – Satgas covid 19 Kecamatan Jamanis Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat, melaksanakan simulasi pengurusan jenazah yang terpapar covid 19, bertempat di Pesantren Assa’adah Desa Karangsembung, Kamis (15/7/21).

Camat Jamanis Winardi Hidayat S.IP, M.Si, mengungkapkan, pada hari ini kami melaksanakan kegiatan simulasi pengurusan jenazah yang terpapar covid 19.

“Hal ini perlu kami lakukan agar semua para ulama di wilayah kecamatan Jamanis memahami protokol pengurusan jenazah karena terpapar covid 19”, ujar Winardi Hidayat usai kegiatan kepada wartawan.

Winardi mengatakan, penomena saat ini di masyarakat adalah terkait bagaimana dan apabila warga yang terpapar covid 19, meninggal di rumah siapa yang mengurus jenazah tersebut?

karena para pengurus yang biasa mengurus jenazah di wilayah tersebut di samping belum paham bagaimana tata cara pengurusan jenazah sesuai protokol kesahatan, juga mereka takut tertular,”ucapnya.

Menyikapi hal tersebut, kata Winardi, maka kami perlu melakukan simulasi pengurusan jenazah karena covid 19, termasuk memberikan pelatihan bagi petugas pengurus jenazah yang memang selama ini terbiasa mengurus jenazah.

Lanjut Winardi, simulasi yang di hadiri para ulama ini tentunya untuk menyamakan persepsi tentang tata cara pengurusan jenazah karena covid 19.

“Bagaimana dasar pengurusan jenazah bagi yang terpapar copid, bukan saja dari aturan Kementerian Kesehatan tentang protokol pemulasaraan jenazah, juga di dasari Fatwa MUI no 18 tahun 2020 ttg “Pedoman Pengurusan Jenazah Muslim yang terpapar Covid19,”Kata Dia.

Dia berharap, mudah-mudahan dengan adanya simulasi ini, pengurusan jenazah karena covid bisa di laksanakan di tempat/ wilayah nya masing-masing. Sehingga bagi keluarga almarhum merasa ” reug-reug” karena jenazah tidak lah harus di bawa dulu ke RS untuk di pulasara, tetapi bisa di laksanakan di tempatnya dan dapat di saksikan langsung dalam proses nya,”harap Dia. (Anton)

Baca Juga  Koramil 1310/Rancah Kodim 0613/Ciamis Giat Baksos Bangun Rumah Ibu Karsi Yang Ambruk Diterjang Angin
Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here