Sebanyak 56 Pelanggar PPKM Darurat Sudah Disidang Dengan Total Denda Mencapai Ratusan Juta Rupiah

0

SUKABUMI. FOKUSPRIANGAN.ID – Sebanyak 56 pelanggar protokol kesehatan (prokos ) yang telah menjalank sidang tindak pidana ringan (Tipiring) semenjak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat mulai tanggal 3 July 2021 kemarin.

Kepala Bidang Penegakan Peraturan Daerah (Gakperda) Satpol PP Kabupaten Sukabumi, Yusep Wahyu Kodara, mengungkapkan hingga 14 July 2021 ada 56 pelanggar yang telah disidangkan. “Hingga 14 Juli ini ada 56 pelanggar yang disidangkan. Jumlah dendanya mencapai Rp 109.050.000 (seratus sembilan juta lima puluh ribu rupiah),” kata Yusep, Kamis (15/7/21).

Ia menjelaskan, dari 56 pelanggar tersebut, 7 di antaranya menjalani sidang di Pengadilan Negeri Cibadak. Adapun dasar hukum yang ditetapkan yakni Pasal 34 Ayat 1 Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat Nomor 5 Tahun 2021 Tentang perubahan Atas Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat Nomor 13 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Ketentraman, Ketertiban Umum, Dan Perlindungan Masyarakat, dengan ancaman pidana Kurungan Paling Lama 3 Bulan Atau Denda Paling Sedikit Rp 5 Juta Dan Paling Banyak Rp 50 Juta. “Hari ini masih ada sidang serupa, yang digelar di Mapolsek Cisaat. Kemudian Jumat di Sukaraja, dan terakhir di Palabuhanratu,” terangnya.

Ia menegaskan, berdasarkan hasil pantauan di lapangan, sebagian besar masyarakat dan pelaku usaha sudah mulai menyadari pentingnya prokes di tengah pandemi ini. “Harapannya semua unsur masyarakat dan pelaku usaha di Kabupaten Sukabumi dapat bekerja sama menaati prokes dan tidak keluar rumah untuk hal yg tidak perlu, sehingga dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” tandas Yusep. ( Rusdi )

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1
Baca Juga  Ada Rindu pada Program TMMD Ke - 111 di Kab.Cianjur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here