Pemdes Sindangraja Laksanakan Pembinaan Rt-Rw Tentang PPKM Dan Pencegahan Covid-19

0

KAB TASIK.FOKUSPRIANGAN.ID – Pemerintah Desa Sidangraja Kecamatan Jamanis Kabupaten Tasikmalaya, melaksanakan pembinaan seluruh RT dan RW,tentang PPKM mikro dan pencegahan covid 19, bertempat di Gedung serbaguna Desa Sidangraja, Senin (12/07/21).

Kepala Desa Sindangraja Sopyan Hadianur mengatakan, pembinaan ini dilakukan guna menentukan langkah yang tepat dalam memutus mata rantai covid-19 di wilayah Desa Sindangraja dalam masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Saya bersyukur, sekitar 60 persen warga sudah pada sadar melihat kondisi saat ini. Sebagian masyarakat ada yang saudaranya di luar daerah dan mereka semakin sadar serta ingin langkah yang pas dan baik untuk menangapi situasi saat ini,” katanya.

Sopyan mengungkapkan, kegiatan ini sebagai ajang silaturahmi juga. Semua di sampaikan kepada mereka, baik pembinaan PPKM atau hal lain yang perlu disampaikan sampai ke tingkat RT.

” Di karenakan di kota diberlakukan PPKM Darurat, maka masyarakat yang ada di Kota sementara ini memang banyak yang pulang, ada sampai 200 masyarakat,”ucapnya.

Lanjut Sopyan. Jumlah terkonfirmasi covid-19, dari bulan Juni mencapai 18 warga. Mayoritas mengalami gejala ringan. Semua yang sudah selesai isolasi ada 13 orang, sisanya tinggal 5 lagi yang melaksanakam isolasi mandiri dan 1 orang dinyatakan meninggal dunia.

Selama warga melakukan isolasi mandiri, Pemerintah Desa memberikan bantuan pangan kepada mereka. Diantaranya berupa beras 5 kg, mie instan, susu, alat mandi, sarden dan juga ada gas 3. Keseluruhan ada 9 item, dan semua dianggarkan dari Dana Desa.

“Dari RT juga ada yang memberikan bantuan kepada warga yang isolasi mandiri. Mereka inisiatif, bahkan dari kepemudaan juga inisiatif menggalang dana memberikan bantuan kepada warga yang isolasi mandiri,” tandasnya.

Sopyan menyebutkan, untuk RT siaga memiliki anggota, yang terdiri dari tokoh masyarakat, pemuda, ibu-ibu. Jadi pemuda selalu aktif, dari mulai kelompok RT siaga dibentuk. Imbasnya, memang sudah paham membantu warga yang terpapar covid-19.

Baca Juga  Tidak Disiplin PSBB Saat Lebaran, Water Canon Polres Cianjur Kembali Semprotkan Disinfektan ke Jalan-Jalan

Ia berharap, mudah-mudahan pandemi covid-19 ini cepat berakhir dan juga perekonomian masyarakat dapat sehat lagi dan bangkit kembali,” pungkas Sopyan. (Anton)

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here