Sekda Hadiri Rapat Paripurna Gelaran DPRD Kota Tasikmalaya

0

KOTA TASIK, FOKUSPRIANGAN.ID – Berkenaan dengan agenda Rapat Paripurna yang digelar hari ini dan dengan telah disetujuinya Rancangan Peraturan Daerah Kota Tasikmalaya tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD tahun anggaran 2020 oleh pimpinan dan anggota DPRD, Maka pada kesempatan ini kami atas nama Pemerintah Kota Tasikmalaya menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada yang teehormat Pimpinan dan seluruh anggota DPRD atas curahan perhatian, tenaga, fikiran, maupun pengorbanan waktu selama proses pengkajian dan pembahasan, hal ini di ucapkan Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya Drs H Ivan Dicksan Hasannudin, M.Si saat membaca sambutan Plt Walikota Tasikmalaya di acara Sidang Paripurna yang digelar di ruang Paripurna DPRD Kota Tasikmalaya, Jum’at (9/7/21).

Agenda Rapat Paripurna hari ini mengenai persetujuan terhadap Rancangan Peraturan Daerah Kota Tasikmalaya tentang pertanggung jawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2020 dan penyampaian dua buah Rancangan Peraturan Daerah Kota Tasikmalaya tentang penyertaan modal Pemerintah Kota Tasikmalaya pada PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten,Tbk dan Rancangan Peraturan Daerah tentang pembentukan dana cadangan.

Mengenai Rancangan Peraturan Daerah tentang penyertaan modal Pemerintah Kota Tasikmalaya kepada PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk. Adapun Rancangan Peraturan Daerah tentang penyertaan modal yang kami sampaikan bertujuan untuk mempertahankan presentase komposisi kepemilikan saham Pemerintah Daerah pada PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk atau Bank BJB sebesar 0.64% dengan menambah penyertaan modal sebesar Rp 6.000.000.000 (Enam Miliar Rupiah) sehingga dapat menghindari terjadinya dilusi atau penurunan nilai kepemilikan saham sebesar 0.13%.

Sampai saat ini Pemerintah Kota Tasikmalaya telah menyertakan modal ke BJB sebesar Rp 20.339.359.100,00 ( Dua Puluh Miliar Tiga Ratus Tiga Puluh Sembilan Juta Tiga Ratus Lima Puluh Sembilan Ribu Seratus Rupiah). Penyertaan modal tersebut telah memberikan kontribusi yang besar terhadap penguatan kapasitas fiskal daerah berupa deviden dengan jumlah total yang telah diterima sebesar Rp 69.568.949.218,00 (Enam Puluh Sembilan Miliar Lima Ratus Enam Puluh Delapan Juta Sembilan Ratus Empat Puluh Sembilan Ribu Dua Ratus Delapan Belas Rupiah) Selama kurun waktu 15 tahun.

Baca Juga  Menelan Anggaran 88 Milyar, Gedung Edi Praja Mandiri di Resmikan

Mengenai rancangan Peraturan Daerah tentang perubahan atas Peraturan Daerah Kota Tasikmalaya nomor 7 tahun 2019 tentang pembentukan dana cadangan. Latar belakang Raperda tersebut adalah adanya kegiatan berskala besar yang akan dihadapi oleh Kota Tasikmalaya yaitu penyelenggaraan Pemilukada serentak pada tahun 2024 sesuai dengan Undang-undang No 10 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas Undang-undang no 1 tahun 2015 tentang penetapan peraturan Pemerintah pengganti Undang-undang no 1 tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota menjadi Undang-undang.

“Pelaksanaan kegiatan tersebut memerlukan anggaran yang cukup besar, yang hampir tidak mungkin di biayai dalam 1 tahun APBD. Dengan mempertimbangkan kemampuan keuangan daerah , maka terhadap kegiatan tersebut direncanakan untuk mengatur dana cadangan. Pelaksanaan Pemilukada tahun 2024 yang direncanakan dipenuhi dari dana cadangan sebesar Rp 40.000.000.000,- (Empat puluh miliar rupiah) yang dianggarkan selama dua tahun anggaran yaitu tahun 2022 sampai dengan tahun 2023. Masing-masing sebesar Rp 20.000.000.000,- (Dua Puluh Miliar Rupiah) untuk setiap tahun anggaran. Sedangkan sisanya di penuhi pada APBD tahun berkenaan,” tandasnya. (H.Amir)

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here