Bantuan Untuk Warga Isoman, Ini Kata Wakil Wali Kota Cilegon

0

CILEGON, FOKUSPRIANGAN.ID – Waki Wali Kota Cilegon Sanuji Pentamarta minta Dinas Sosial (Dinsos) Kota Cilegon menjalin komunikasi yang intens dengan pihak RT/RW, serta Kelurahan dan Kecamatan terkait pemberian bantuan bahan makanan untuk keluarga positif Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri (isoman) di tempat tinggalnya masing-masing. Jumat (9/7/2021).

Saat dikonfirmasi, Wakil Wali Kota Cilegon, Sanuji Pentamarta mengatakan, Dinsos Kota Cilegon harus intens berkomunikasi dengan pihak RT/RW, agar melaporkan ke Kelurahan dan Kecamatan setempat. Dan RT/RW juga harus serius mengusulkan bantuan bagi warga dengan data yang valid.

“Saya juga minta RT dan RW serius mengusulkan bantuan bagi warga atau keluarga yang menjalani isoman dengan data yang valid, sehingga pengusulan dan pemberian bantuan tepat sasaran,” ucapnya Sanuji kepada wartawan.

Sementara itu saat dikonfirmasi, Kepala Dinsos Kota Cilegon Achmad Jubaedi mengungkapkan ketersedian buffer stock sepanjang tahun sebanyak 3.000 paket.

“Selama PPKM Darurat Covid-19, ready buffer stock bahan makanan sebanyak 1.000 paket, dan itu bisa ditambah,” ungkapnya Jubaedi.

Terkait bantuan bagi keluarga yang menjalani isoman, mantan Kadis Kominfo itu mengatakan, hingga hari ini (Jumat-red) sudah mulai masuk data keluarga calon penerima bantuan bahan makanan dari beberapa kelurahan.

Ditambahkannya, saat ini sedang dilakukan verifikasi data-data tersebut, sehingga Senin bantuan bahan makanan segera disalurkan kepada keluarga yang sedang isoma.

Dari data Dinas Kesehatan Kota Cilegon per 8 Juli 2021, jumlah pasien positif corona virus yang dirawat sebanyak 1.147 orang. Dimana dari jumlah tersebut 50 orang menjalani perawatan di tempat isolasi mandiri yang disediakan oleh Pemkot Cilegon di Trans Hotel, sisanya sebanyak 1.097 menjalani isoman.

Bagi keluarga di Kota Cilegon yang positif Covid-19 dan menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumahnya masing-masing pada saat Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Covid-19, akan mendapat bantuan bahan makanan dari Pemkot Cilegon yang disalurkan melalui dinas sosial setempat.

Baca Juga  Tolak RUU Ciptaker Ribuan Buruh Tiga Perusahaan Menggelar Unjuk Rasa di Sukabumi

Berdasarkan Surat Edaran Nomor:460/663/DINSOS/2021, bantuan bahan makanan berupa paket dari buffer stock terdiri dari, beras 5 kilogram, mie instan 10 bungkus, sarden 155 gram dua kaleng dan kecap 135 mililiter sebanyak 2 botol, akan diterima oleh keluarga yang menjalani isolasi mandiri.

Berdasarkan SE Dinsos tersebut, keluarga yang menjalani isoman tersebut, akan mendapat paket bahan makanan setelah diajukan oleh RT/RW dimana mereka tinggal, melalui lurah setempat setelah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan yaitu melampirkan foto copy kartu keluarga (KK), dan bukti hasil tes swab rapid antigen atau PCR yang dinyatakan positif. Siapkan 1.000 paket. (Aan.SGT)

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here