Dugaan Adanya Pelarangan Liputan di Pendopo Baru Kab.Tasikmalaya, Ketua Umum DPP BAKI Angkat Bicara

0

KAB. TASIK. FOKUSPRIANGAN.ID – Terkait adanya dugaan pelarangan liputan wartawan pada acara rapat yang diselenggarakan di Pendopo baru Kabupaten Tasikmalaya pada, Senin (05/07/21) kemarin.

Ketua umum DPP BAKI (Badan Anti Korupsi Indonesia) Uge Theo Saputra, angkat bicara.” ia menyesalkan sikap Pemkab Tasikmalaya yang melarang wartawan untuk meliput ketika melakukan rapat di pendopo baru Sekda dengan para kepala SKPD.

“Padahal sudah jelas wartawan itu dilindungi undang-undang no 40 tahun 1999 tentang pers dan undang undang nomor 71 tahun 2000 tentang peran serta masyarakat dalam pengawasan dan undang undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan informasi publik serta tercantum dalam UU Pers pasal 18 yaitu setiap orang yang secara melawan hukum dengan sengaja melakukan tindakan yang berakibat menghambat atau menghalangi pelaksanaan ketentuan pasal 4 ayat (2) dan aya (3) dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 ( dua) tahun dengan denda 500 juta,”kata Uge, Selasa (06/07/21).

Ditambahkannya bahwa kode etik jurnalistik pasal 1 sampai pasal 11 di sebutkan dipasal 1 bahwa wartawan Indonesia tidak dibenarkan membuat berita bohong ataupun opini, Mestinya pejabat kabupaten paham dengan aturan diatas “Jangan bego bego amat mesti paham dengan aturan,” kata Uge dengan nada yang sangat keras.

Lebih lanjut apakah rapat para pejabat tersebut takut ketahuan oleh media karena ada hal yang dianggap mereka tabu untuk dikemukakan ke publik. Dengan kondisi yang saat ini yang sudah tidak balance seharusnya bentuk keterbukaan dikedepankan jangan mengendap endap seperti ada banyak yang di rahasiakan,”pungkasnya. (Tim)

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1
Baca Juga  Pilkada Sudah Usai: Presiden KMRT, Mari Bersama Sama Kita Jaga Kab. Tasik, Kembali Ke Fitrah Dengan Satu Nama Yaitu Masyarakat Kabupaten Tasikmalaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here