Katar Kecamatan Sukaresik Selengarakan Restoking Ikan Sekaligus Penanaman Pohon, Ini Kata Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Citanduy

0

KAB TASIK.FOKUSPRIANGAN.ID – Karang Taruna Kecamatan Sukaresik Kabupaten Tasikmalaya menyelenggarakan Restoking ikan sekaligus penanaman pohon bertempat di Kampung Pesantren RT 02 RW 01 Desa Sukaratu Kecamatan Sukaresik Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (29/6/2021).

Acara turut di hadiri, Wakil Bupati Tasikmalaya, Kepala BBWS Citanduy, Dandim 0612 /Tasikmalaya, Camat Sukaresik, Kapolsek Sukaresik, Danramil 1206, Kepala Desa, Karang Taruna Kecamatan dan Desa, Tokoh agama dan Tokoh masyarakat.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy Bambang Hidayah mengatakan, sangat mengapresiasi kegiatan ini. Kondisi sungai Citanduy sekarang, sudah ada pendangkalan yang diakibatkan karena sudah banyak alih fungsi lahan.

“Ketika terjadi hujan, air itu langsung mengalir ke sungai. Dikarenakan tidak ada yang meresap ke dalam tanah. Ada juga tidak banyak, dan sebagian besar masuk ke sungai, sehingga kapasitas sungai terbatas. Jadi tidak mampu menampung air dan terjadilah banjir,” ujarnya kepada fokuspriangan usai kegiatan.

Masih menurut Bambang pihaknya akan melakukan konservasi sumberdaya air. Salah satunya membangun embung, situ yang ada juga akan dibenahi dan dilakukan rehabilitasi serta optimalisasi. Hal itu dilakukan agar betul-betul berfungsi menjadi serapan air.

Dibangunnya embung nantinya, agar sebagian air hujan dapat tertampung di tempat itu, sehingga tidak semua air masuk sungai. Ini tentu menjadi tugasnya untuk membangun embung-embung di wilayah sungai citanduy dan merehabilitasi situ-situ di wilayah sungai citanduy.

“Pemanfaatan sumber airnya bukan hanya untuk irigasi saja, melainkan juga air bakunya bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan masyarakat,” katanya.

Lanjut Bambang, khusus di wilayah Citanduy, tahun depan akan ada 18 titik embung yang akan di bangun sampai wilayah Cilacap. Jadi itu salah satu tugas untuk konservasi sumber daya air, dengan membangun bendungan bendungan untuk memanfatakan air agar bisa dimanfaatkan untuk irigasi, listrik, air baku dan juga penanganan banjir serta wisata.

Baca Juga  Baznas Kota Tasikmalaya Kunjungi Warga Cipawitra Yang Sakit dan Tidak Mampu, Butuh Bantuan

Sementara itu, ucap Bambang dengan adanya penanaman pohon, sangat baik sekali, sehingga bisa ada daerah resapan air. Jadi nantinya air tidak mengalir langsung ke sungai, dengan ada pohon-pohon yang ditanam, air bisa meresap di pohon-pohon tersebut.

“Dalam hal ini, kami bekerja sama dengan komunitas peduli sungai dari berbagai daerah. Dan dengan penebaran benih ikan juga, kami meminta kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, sehingga kualitas air sungai dapat terjaga,” imbuh Bambang.

Sementara ditempat yang sama Wakil Bupati Tasikmalaya Cecep Nurul Yakin S.Pd M.Ap mengungkapkan, bahwa kegiatan restoking ikan dan penanaman pohon itu adalah wujud kepedulian terhadap alam. Pasalnya, dengan itu mengajarkan semua bahwa alam juga ramah ke mahluk hidup lainnya. Ia meminta agar warga tidak melakukan kegiatan yang dapat mencemari ataupun merusak lingkungan melainkan menjaga kelestarian alam,”ucapnya.

Lanjut , Cecep prinsipnya pada kegiatan ini ada edukasinya. Mengubah pola pikir masyarakat yang sebelumnya cuek terhadap lingkungan, untuk lebih peduli dengan kelestarian ekosistem sungai. Dengan harapan masyarakat akan lebih bersikap protektif terhadap kegiatan yang dapat mencemari atau merusak sungai,” pungkasnya. (Anton)

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here