Kampung Siaga Bencana Desa Kadipaten Bersama Tagana Kab.Tasikmalaya Gelar Simulasi Bencana

0

KAB TASIK.FOKUSPRIANGAN.ID – Suasana lapangan Pangangonan Kampung Cirando Desa / Kecamatan Kadipaten Kabupaten Tasikmalaya, mendadak riuh. Ratusan warga berlarian menyelamatkan diri.

Para wanita dan anak kecil, tampak di evakuasi menggunakan kendaraan Basarnas dan ambulance menuju shelter. Sementara petugas Tagana juga mengusung korban terluka dan membagikan konsumsi bagi para pengungsi.

Pemandangan yang jadi tontonan warga ini merupakan simulasi uji SOP penanggulangan bencana jenis longsor Simulasi dilakukan oleh Kampung Siaga Bencana (KSB) Desa Kadipaten, (28/06/21).

Ade Sugianto Bupati Tasikmalaya mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan Kampung Siaga Bencana ini. Pihaknya berharap dengan
terselenggaranya kegiatan ini dapat menjadi contoh dan rujukan kepada desa yang lainnya, agar masyarakat dapat berpartisipasi dalam kegiatan penanggulangan bencana juga dapat bekerjasama dengan pihak pemerintah dan Tagana Kab. Tasikmalaya.

“Dalam menghadapi suatu bencana kita semua tidak boleh hanya mengandalkan program pemerintah saja, akan tetapi peran serta masyarakat sangat dibutuhkan, khususnya dengan terbentuknya program Kampung Siaga Bencana atau KSB yang bertujuan agar masyarakat siap dalam menghadapi bencana yang akan terjadi”, ujarnya Ade Sugianto Bupati Tasikmalaya, kepada fokuspriangan usai acara kegiatan KSB.

Sementara ditempat yang sama
Jembar Adi Setia Ketua TAGANA Kabupaten Tasikmalaya mengatakan , kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas kemampuan di masyarakat terkait bencana. Menjadi TAGANA kita harus benar benar propfesional dan lincah , dalam kegiatan simulasi ini kami juga sudah melaksanakan di beberapa kecamatan yang ada di wilayah kabupaten tasikmalaya , termasuk sala satunya di desa kadipaten ini,” kata Jembar.

Mudah mudah, lanjut dia dengan di adakan simulasi ini untuk para relawan Kampung Siaga Bencana (KSB) Desa Kadipaten , menjadi motivasi dan semangat jiwa muda nya timbul”, pungkasnya. (Anton)

Baca Juga  LBHA BKPRMI Kota Tasikmalaya Gelar Pembinaan Pemahaman Hukum dan HAM Bagi Pengurus dan Anggota
Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
2
+1
+1
+1
1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here