Siaga Bencana, Pemdes Kadipaten Gelar Pelatihan Kampung Siaga Bencana

0

KAB TASIK. FOKUSPRIANGAN.ID – Pemerintah Desa (Pemdes) Kadipaten Kecamatan Kadipaten Kabupaten Tasikmalaya, gelar pelatihan Kampung Siaga Bencana ( KSB ), yang bertempat di Gedung Serbaguna Desa Kadipaten. Minggu( 27/6/21).

Acara pelatihan tersebut di buka langsung oleh Kepala Desa Kadipaten Cecep Agah Nagoya. Dengan menghadirkan narasumber yaitu dari TAGANA Kabupaten Tasikmalaya, Koramil 1204/Ciawi serta Polsek Kadipaten.

Kepala Desa Kadipaten Cecep Agah Nagoya mengatakan, diadakan pelatihan Kampung Siaga Bencana (KSB) diharapkan bisa meningkatkan kapasitas masyarakat lebih siap untuk menghadapi kerentanan dan resiko bencana, sehingga masyarakat dapat melakukan penanggulangan dengan tepat, cepat dan tanggap dengan semangat gotong-royong.

“Alhamdulillah dengan terbentuk nya Kampung Siaga Bencana ini, sudah ada 35 relawan yang ikut andil untuk menjaga wilayahnya masing-masing, ada perwakilan dari setiap kedusunan. Rata-rata mereka berusia masih muda Alhamdulillah antusias nya sangat tinggi,” ucap Cecep Agah Nagoya kepada fokuspriangan.id usai membuka acara pelatihan.

Masih dikatakan, Cecep sudah dibentuk nya KSB di harapkan partisipasi dari masyarakat untuk membantu mengurus saudara-saudaranya yang ada di wilayah masing-masing ketika terjadi bencana. Maka dari itu, dalam hal ini, diperlukan koordinasi secara baik dan sinergitas secara baik dari warga kampung.

“Sebagai antisipasi terhadap bencana merupakan sebuah keharusan dan mengaharapkan bahwa dengan adanya pelatihan kampung siaga bencana ini, dapat lahir generasi muda yang sigap terhadap bencana, tentunya dalam hal ini, tidak hanya terpaku terhadap bancana alam saja. Melainkan terhadap bencana non alam juga seperti, bencana sosial, bencana ekonomi bahkan bencana akhlak. Saya harap melalui kegiatan ini, dapat memberikan motivasi kepada seluruh masyarakat agar lebih peduli dalam segala hal penanggulangan bencana,” pungkas Cecep.

Di tempat yang sama, Diki Pranajaya SPd Koordinator KSB menyebutkan,
kegiatan ini bertujuan untuk memberikan perlindungan serta meningkatkan kapasitas masyarakat agar lebih siap siaga dalam menghadapi kerawanan, kerentanan, dan risiko bencana alam, melalui pemanfaatan sumber daya alam dan manusia yang ada di lingkungan setempat.

Baca Juga  Front Mahasiswa Cilegon Gelar Unjuk Rasa di Depan Kantor Walikota

“Pembentukan KSB ini, merupakan salah satu upaya perlindungan serta memberikan pemahaman kepada masyarakat. Khususnya di Kampung-Kampung yang rawan bencana, agar lebih siap siaga dalam menghadapi bencana alam,” katanya.

Tambah Diki peran aktif masyarakat secara masif tentu akan sangat membantu dalam penanganan bencana, terutama dalam hal menjaga lingkungan sekitar. Ia sangat menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada Pemerintah Desa Kadipaten, yang telah membentuk Kampung Siaga Bencana.

Diki berharap, Desa Kadipaten ke depan bisa menjadi barometer dan percontohan bagi desa yang lainnya. Saat ini kami membutuhkan kantor sekretariat dan fasilitas lain, setelah dibentuknya Kampung Siaga Bencana. Namun sementara ini, pihaknya telah mendapatkan bantuan dari Tagana berupa helm safety, alat dapur, perkakas, tenda dan lainnya.

“Alhamdulillah Pemerintah Desa selalu mendukung dalam setiap kegiatan. Mudah-mudahan dari hasil pelatihan ini, dapat diimpelentasikan di masyarakat. Khususnya di desa Kadipaten dan umumnya di Kabupaten Tasikmalaya,” ujar Diki berharap.

Sementara itu, Ardi Ketua Kampung Siaga Bencana menambahkan, kepada relawan yang terlibat dalam Kampung Siaga Bencana ini agar betul-betul mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh. Pasalnya, pengetahuan dan keterampilan nantinya sangat berguna untuk menyelamatkan jiwa manusia dan meminimalisir korban.

“Pengetahuan dan keterampilan para relawan ini menjadi prioritas utama dalam mengurangi resiko bencana yang ditimbulkan terutama korban jiwa. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat berkesinambungan,” pungkasnya. (Anton)

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here