Program TMMD dinilai Akan Tingkatkan Perekonomian, Warga Desa Ciandam Semangat Bantu TNI

0

KAB. CIANJUR. FOKUSPRIANGAN.ID – Satgas Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke – 111 terus menggenjot pengerjaan pembangunan dalam program tersebut.

Program yang resmi dibuka dan dimulai pada Selasa, 15 Juni 2021 lalu, kini sudah mencapai 90% dan dipastikan rampung sesuai waktu yang di tentukan.

Telah kita ketahui bahwa TMMD yang saat ini tengah dilaksanakan di Desa Ciandam, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat akan berakhir 30 hari kedepan, terhitung dari mulai pembukaan.

Pantauan fokuspriangan.id di lokasi TMMD, nampak TNI dan warga berbaur penuh keakraban dan bekerjasama untuk mensukseskan program tersebut.

Saat awak media berbincang dengan beberapa warga di lokasi TMMD. Warga terlihat bahagia, karena program tersebut dinilai sangat bermanfaat sekali, apalagi melihat jalan yang kini terlihat mulus akan memudahkan mereka mengakses kendaraan dari luar untuk masuk ke wilayahnya.

Memang benar sebelum dilakukan Betonisasi, jalan penghubung antara Desa Ciandam dengan Desa Kutawaringin terlihat bergelombang berbatu dan terdapat tanah merah. Paling mengejutkan lagi, jalanan tersebut dipenuhi akar yang menjulang ke jalan. Maka tidak heran jika warga sangat antusias menyambut salah satu program bakti TNI tersebut. Apalagi warga di Desa Ciandam sangat menjunjung tinggi tradisi gotong royong, oleh karena itu, saat progam tersebut di mulai bahkan saat Pra TMMD pun warga sudah terlihat guyub dan kompak membantu Satgas TMMD.

Tidak cukup sampai disitu, semangat warga Ciandam dalam menyambut TMMD Pun di perlihatkan oleh seorang kakek yang berusia 70 tahun namun masih ikut membantu para TNI.

Pada pemberitaan sebelumnya, di ketahui Kakek tersebut bernama Dayat, dan sempat Viral di beberapa media karena semangatnya yang tinggi.

Baca Juga  Polsek Pagerageung Bagikan Nasi Kotak Kepada Warga

Bahkan pada saat Dandim 0608/Cianjur meninjau lokasi TMMD dan menasihati kake teesebut untuk tidak memporsir tenaganya, Kake Dayat malah tambah bersemangat.

” Kakek, jangan di porsir yah tenaganya,” kata Dandim 0608/Cianjur, Letkol Kav. Ricky Arinuryadi, sembari merangkul Kake Dayat di lokasi TMMD beberapa waktu lalu, saat melakukan peninjauan.

Mendengar perkataan itu, Kakek Dayat malah tambah bersemangat hingga membuat Letkol Kav. Ricky terkagum kagum.

Semangat warga Ciandam itupun di apresiasi Pangdam III Siliwangi, Mayor Jendral TNI Nugroho Budi Wiryanto, Dirinya mengatakan bahwa sangat berterimakasih kepada warga yang telah guyub membantu Satgas untuk mensukseskan program setahun sekali itu.

” Saya ucapkan banyak terimakasih, ternyata warga Cianjur ini sangat baik, rukun dan guyub serta bersemangat untuk membangun wilayahnya,” ucap Mayor Jendral TNI, Nugroho Budi Wiryanto, pada saat pembukaan TMMD, Selasa, 15 Juni 2021 lalu.

Kini TMMD di Desa yang dipimpin Ny. Elin itu telah berjalan hampir dua (2) pekan dan selain menggenjot program berupa fisik, saat ini tengah dilaksanakan pula program non fisik, seperti Sosialisasi penyuluhan Kamtibmas, Hukum, penyuluhan terkait Covid-19 serta program non fisik lainnya.

Hal tersebut dikatakan Elin pada awak media, Elin membenarkan bahwa telah melaksanakan serangkaian kegiatan non fisik pada TMMD yang berlangsung di wilayahnya.

“Iya, hari ini (kemarin”red) Kami telah melaksanakan kegiatan penyuluhan terkait Kamtibmas dengan narasumber dari Anggota Polsek Mande, dan penyuluhan Hukum dengan narasumber dari Kejaksaan Negri Kabupaten Cianjur,” kata Elin seusai Penyuluhan , di Aula Desa Ciandam, Sabtu, (26/06/21).

Elin menyebutkan, bahwa dalam kegiatan tersebut, narasumber memaparkan terkait keamanan serta hukum yang mudah dimengerti dan di pahami oleh warga.

Baca Juga  Engkong Pedagang Ikan Cupang di Cicurug Terpuruk Akibat PPKM Akan Kibarkan Bendera Kuning

” Selain warga mendapatkan pemahaman tentang keamanan dan hukum, pemaparan tentang pentingnya menjaga Protkes Covid-19 juga disampaikan pada kegiatan tadi,” pungkas Elin.

Elin berharap, semoga dengan penyuluhan yang telah dilaksanakan, pengetahuan tentang hukum bertambah dan keamanan di wilayah Desa Ciandam tetap terjaga.

Pada kesempatan itu, Elin mengucapkan banyak terimakasih kepada TNI dan Pemerintah atas program yang telah di alokasikan di wilayah Desa Ciandam.

“Pembangunan dalam program TMMD saat ini telah mencapai 90% dan Saya ucapkan banyak terimakasih kepada TNI Kodim Cianjur dan Bapa Bupati, Alhamdulilah program TMMD ini sangat bermanfaat sekali,” tutupnya. (Andri.S)

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
1
+1
+1
2
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here