Tingkatkan Kemampuan, Polres Tasikmalaya Gelar Lomba Olah TKP

0

KAB. TASIK. FOKUSPRIANGAN.ID – Kepolisian Resor (Polres) Tasikmalaya Polda Jawabarat, menggelar lomba olah tempat kejadian perkara (TKP), acara lomba tersebut dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara yang ke 75 pada 1 Juli 2021 mendatang, yang berlangsung di Gedung Pertemuan Warga (GPW), Mako Polres Tasikmalaya, Rabu (23/6/21).

“Lomba tersebut bertujuan untuk mengasah anggota dalam menangani sebuah perkara serta melihat kesiapan anggota dalam tindakan pertama olah TKP sehingga semakin profesional dalam olah TKP, dengan kegiatan itu juga bisa memantapkan ilmu para anggota,”ucap Kapolres Tasikmalaya AKBP Rimsyahtono SIK MM CPHR pada awak media.

Lanjut Rimsyahtono, menjelaskan, pada prinsipnya jajaran Polres Tasikmalaya, sudah bisa menyelesaikan kejadian-kejadian yang ada. Namun, tidak ada salahnya dengan lomba ini sebab bisa menambah ilmu dan pengetahuan anggota dalam menangani sebuah masalah.

“Sebab bukan tidak mungkin, anggota akan menemui persoalan-persoalan saat olah TKP. Ini ajang untuk mengasah ilmu anggota.” Nanti setelah lomba, memberikan analisa, evaluasi dan arahan.” Ia juga menyampaikan dalam lomba tindakan pertama olah TKP ini, selain sebagai keahlian khusus juga kepolisian sebagai penyidik utama. Jadi anggota dalam melakukan olah TKP dan penyelidikan itu harus sesuai SOP, ketepatan dan kecepatan waktu,”katanya.

Sementara Kasat Reskrim Polres Tasikmalaya AKP Hario Prasetyo Seno SIK MM, berharap, personil Polres Tasikmalaya serta jajarannya terus meningkatkan kemampuan dalam melayani masyarakat khususnya dalam hal pengolahan tempat kejadian perkara. “Jadi ketika para anggota nanti di lapangan suatu saat ada kejadian mereka sudah tahu siapa dan harus berbuat apa,”katannya.

Lanjut Hario, untuk hal penilaian kita pada para peserta, kita akan menilai dalam segi dari kesesuaian SOP. kecepatan, ketelitian dan ketepatan dalam melaksanakan olah TKP,”ucapnya.

Baca Juga  Kompol Rikky Aries Setiawan, S.ST. MH. Resmi Jabat Wakapolres Tasikmalaya Kota

“Ia juga menambahkan untuk para peserta yang mengikuti lomba ini dari anggota polisi dari perwakilan rayon/Polsek dan di harapkan dengan kegiatan lomba ini para anggota/peserta lomba terbiasa setiap mendatangi TKP dengan tim lengkap guna meningkatkan profesionalisme. ”Mengingat keberhasilan mengungkap kasus berawal dari penanganan TKP yang benar,”pungkasnya. (Red)

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here