Ada Pelarangan Liputan Saat Mediasi PT Hitachi Metal Indonesia Terkait Rekrutmen

1

CILEGON, FOKUSPRIANGAN. ID – Manajemen PT Hitachi Metal Indonesia melarang wartawan saat hendak meliput mediasi antara warga dengan pihak perusahaan terkait soal rekrutmen tenaga kerja. Padahal peliputan tersebut sangat penting untuk diketahui informasinya oleh masyarakat. Selasa (22/6/2021).

Pada mediasi tersebut warga Kelurahan Warnasari Kecamatan Citangkil menyesalkan rekrutmen tenaga kerja di PT Hitachi Metal Indonesia yang tidak memprioritaskan warga lingkungan setempat.

Orang tua dari Yusvita silvana salah satu peserta tes rekrutmen mengatakan, pihaknya sangat menyesalkan terhadap PT Hitachi Metal Indonesia. Menurutnya perusahaan harus memprioritaskan warga sekitar terlebih dahulu dan menjadi prioritas.

“Padahal kami ini masuk di Ring 1, tetapi malah tidak diterima, malah yang diutamakan orang luar. Kami mendesak perusahaan harus melakukan tes ulang,” tegasnya.

Ia juga menegaskan, pihak perusahaan juga harus memberikan seluas-luasnya peluang kerja terhadap masyarakat sekitar, hal ini tentunya untuk mengurangi angka pengangguran.

“Saya kira perusahaan harus memberi kesempatan seluas-luasnya untuk warga khususnya di Ring 1. Mudah-mudahan perusahaan memperhatikan terkait permasalahan ini,” ungkap orang tua Yusvita.

Berdasarkan Pasal 1 angka 1 Undang-Undang No. 40 Tahun 1999 tentang Pers (“UU Pers”), pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik, dan segala jenis uraian yang tersedia.

Pada dasarnya pers mempunyai kemerdekaan dalam menjalankan profesinya. Untuk menjamin kemerdekaan pers, pers nasional mempunyai hal mencari, memperoleh, dan menyebarluaskan gagasan dan informasi (Pasal 4 ayat (3) UU Pers). Ini berarti pers tidak dapat dilarang untuk menyebarkan suatu berita atau informasi jika memang hal tersebut berguna untuk kepentingan publik.

Baca Juga  Walikota Bersama Wakil Walikota Beserta Jajaran Forkopimda Kota Tasik Hadiri HUT LVRI Ke-63

Saat di konfirmasi wartawan pihak PT Hitachi Metal Indonesia melalui pesan whatsapp terkait pelarangan peliputan pihak nya belum memberikan jawaban sampai berita ini di turunkan. (Aan.SGT)

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
1
+1
1
+1
1
+1
2
+1
2
+1
+1
1

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here