Peringati Hari Lingkungan Hidup, Pemkot Banjar Fokus Penanganan Sampah Plastik

0

KOTA BANJAR. FOKUSPRIANGAN.ID – Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap tanggal 5 Juni menjadi titik pijak Pemkot Banjar mengurusi sampah, khususnya plastik secara serius.

Jumat (11/6/21), Pemkot Banjar melalui Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjar memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan tema “Ecosystem Restoration”.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dipusatkan di area taman Kehati. Penanaman Pohon dilakukan dalam rangkaian kegiatan sebagai upaya meningkatkan kesadaran dan penyelamatan lingkungan.

Pada kesempatan tersebut juga, Walikota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih. M.Si., kampanyekan untuk mengurangi penggunaan plastik.

Ia juga mengatakan, situasi pandemi Covid- 19 saat ini jangan sampai menghentikan aktivitas dalam menjaga lingkungan.

“Penanganan Covid- 19 jangan sampai membuat lingkungan kita terabaikan. Banyak cara kita dalam upaya menjaga lingkungan kita, salah satunya dengan menanam pohon. Masih banyak lahan yang dapat kita tanami, namun ingat, jangan sampai mengabaikan protokol kesehatan, tetap 5M,” jelasnya.

Ia pun mengingatkan, untuk mengurangi penggunaan plastik. Ia menuturkan, plastik merupakan sampah yang sangat sulit diurai oleh alam.

Menurut walikota, di Kota Banjar dalam sehari menghasilkan sampah sebanyak 60 ton, termasuk didalamnya sampah plastik. Bisa dibayangkan, berapa puluh tahun sampah plastik dapat diurai secara utuh.

“Di momen Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini, mari kita mulai mengurangi pemakaian plastik dalam kehidupan kita. Kita jaga alam, maka alam pun akan menjaga kita,” ujarnya.

Sementara itu, Ninding, Kabid Pertamanan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjar menuturkan, sebanyak 50 bibit pohon ditanam pada kegiatan ini.

Dengan rincian, 10 pohon rambutan, 10 nangka campedak, 10 sawo, 10 jambu aprika dan 10 belimbing wulu.

Baca Juga  Akibat Longsor, Jalan Penghubung Cianjur-Sukanagara Tidak Bisa Dilewati

“Selain itu, sejak 2019 di area taman kehati telah ditanam sebanyak 2.464 pohon yang terdiri dari pohon keras, bunga dan buah,” jelasnya, saat dihubungi melalui aplikasi pesan singkat, Jumat (11/6/21) petang.

Ia menegaskan, Hari Lingkungan Hidup Sedunia harus disikapi oleh semua pihak untuk aksi yang positif bagi lingkungan. Bukan hanya sekedar peringatan secara seremonial.

“Kita semua dapat mencintai dan melestarikan hutan sehingga kita bisa jaga alam dan alam jaga kita,” tegasnya. (Abid)

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here