Kesling Puskesmas Mangkubumi Gelar Pelatihan Kader STBM Untuk Percepatan ODF di Kelurahan Karikil

1

KOTA TASIK, FOKUSPRIANGAN.ID – Dengan mengambil tempat di Aula Kelurahan Karikil Kecamatan Mangkubumi, Bagian Kesehatan Lingkungan (Kesling) Puskesmas Mangkubumi melaksanakan kegiatan Pelatihan Kader Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) untuk percepatan Open Defication Free (ODF ), Kamis (10/6/21).

Kegiatan ini tampak dihadiri pula oleh Kepala Puskesmas Mangkubumi H Arif Prianto,S Kep Ners, Penanggung Jawab Upaya Kesehatan Masyarakat (PJUKM) Puskesmas Mangkubumi Agus Tisna Senjaya

Bagian Kesling Puskesmas Mangkubumi Neni Suryani,Amd Kes menjelaskan dirinya bersama Bagus Pandu Trusatya,S.KM yang sama-sama dari bagian Kesehatan lingkungan menggelar kegiatan ini di Kelurahan Karikil, hal ini di karenakan angka stuntingnya tinggi, jadi lokus fokusnya di Kelurahan Karikil.

Program yang kami sampaikan tentang percepatan ODF 2021 disampaikan dari Seksi Kesehatan Lingkungan Anis Rosidah,S.KM. Untuk langkah-langkahnya yakni ada pelatihan kader ODF, Pembentukan Satgas, Pelatihan Satgas, pra pemicuan, pemicuan dibagi menjadi 4 tim dari Puskesmas yang mana nanti memicu sebanyak 38 RT, setelah dipicu, lalu di monev akan STBM, kemudian dilanjutkan dengan tindak lanjut percepatan ODF yang semua hasilnya di laporkan dan di diskusikan dengan lintas sektor.

“Jadi nanti punya gambaran situasi kondisi masalah sanitasi lingkungannya di wilayah Karikil bagaimana dan RTL nya gimana. Karena ini kan melibatkan semua pihak untuk merubah perilaku masyarakat Karikil dari yang tadinya menggunakan jamban yang tidak sehat ke jamban yang sehat. Karena targetnya Kelurahan Karikil ini harus menjadi Kelurahan ODF,” jelasnya

Sekretaris Kelurahan Karikil Rohayati,SH membenarkan bahwa di Kelurahan Karikil kesehatan lingkungannya dapat di katakan belum memadai.

Kami memfasilitasi kegiatan yang di inisiasi pihak Puskesmas Mangkubumi, dimana para peserta yang mengikuti kegiatan ini dari para pemuda yang merupakan perwakilan dari RW yang ada di Kelurahan Karikil. Hal ini dimaksudkan agar para Pemuda dapat turut berkiprah memajukan daerah,” ujarnya

Baca Juga  Orang Tua Walimurid dan Warga Lingkungan Kebondalem Tolak Penghapusan SDN Kubangkutu II

Di tempat terpisah, Ketua Karang Taruna Kelurahan Karikl Abdul Latif mengucapkan terima kasih kepada pihak Kelurahan yang mana telah memfasilitasi kegiatan ini.

“Menurut kami kegiatan ini untuk menambah pengetahuan di bidang kesehatan. Memang saya pun merasa miris mendengar kabar akan keadaan lingkungan yang ada di Karikil ini, tapi kami dari Karang Taruna bersama pihak Kelurahan akan terus berupaya semaksimal mungkin mensosialisasikan kepada masyarakat akan apa yang kami dapat dari pertemuan ini. Kalau tidak ada halangan, dengan waktu 2 minggu ke depan kami dari Karang Taruna akan mendata warga terkait Buang Air Besar Sembarangan (BABS). Tim Kelurahan pun akan membentuk Satgas dari unsur RT, RW, dan Karang Taruna sebagai upaya pencegahan dan mengurangi warga yang BABS tersebut,” tandasnya. (H.Amir)

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
2
+1
+1
+1
+1
+1
+1

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here