Wabup Ciamis Terima Kunjungan Sosialisasi Program Simpeldesa PT. Telkom

0

KAB. CIAMIS. FOKUSPRIANGAN.ID – Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra terima kunjungan sosialisasi dari PT. Telkom Tasikmalaya bertempat di Ruang Oproom Setda Ciamis. Senin (06/06/2021).

Kunjungan tersebut mengenai sosialisasi pemahaman salah satu program PT. Telkom yakni Smart Village Nusantara dengan nama aplikasinya Simpel Desa (Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Desa).

Turut hadir mendampingi Bupati Ciamis Asisten Daerah Ciamis, Kepala Dinas Kominfo, Kepala Dinas DPMD dan Kepala Bagian Pemum Setda Kabupaten Ciamis.

Diketahui Simpeldesa adalah Aplikasi berbasis Web Base (Dashboard) yang terintegrasi dengan Apps (Android) untuk mempermudah interaksi Administrasi, Pelayanan dan Usaha Desa antara Pemerintahan Desa dengan Masyarakat.

Yang mana fitur utama dari aplikasi ini adalah bidang administrasi, mengerjakan segala bentuk administrasi pemerintah desa berdasarkan regulasi melalui website (dashboard), semua sistem administrasi di kerjakan dengan mudah dan cepat serta di lakukan secara online.

Pada kesempatan tersebut Wabup Ciamis Yana D. Putra mengatakan, Kabupaten Ciamis terdiri dari 258 desa 7 Kelurahan, dengan mayoritas penduduknya sebanyak 70% tinggal di pedesaan.

“Kita hidup di era teknologi dan digitalisasi, apabila kita serius memberdayakan apa yang ada di Desa maka secara tidak langsung tentu akan memberikan kontribusi besar pada pembangunan nasional, ” Tutur Wabup.

Berkaitan dengan hal itu Wabup menyampaikan ada dua hal yang menjadi kendala bagi masyarakat Ciamis saat ini, yaitu Sumber Daya Manusia dan keterbatasan jaringan di pedesaan.

“Kesiapan SDM yang akan di dorong untuk program ini harus benar-benar dilakukan sehingga ketika di implementasikan bisa betul-betul berjalan, ” Ucapnya.

Selain itu jaringan juga dianggap sangat penting, sementara di Kabupaten Ciamis masih terdapat Desa desa yang masih mengalami keterbatasan dalam jaringan.

Baca Juga  Pelaku UMKM Di Kota Banjar Akan Dapat Bantuan, Ini Persyaratanya

“Secara umum kami menyambut baik program smart village nusantara melalui program Simpledesa ini, mungkin secara teknis nanti kita bisa dikomunikasikan dengan Diskominfo dan DPMD,” Singkat Wabup Yana.

Disampaikan Reno Sundara salah satu perwakilan dari PT. Telkom Tasikmalaya, Simpeldesa merupakan suatu aplikasi yang menyediakan layanan guna kemudahan bagi pemerintah desa dalam melakukan kegiatan desa hingga tata kelola keuangan yang terintegrasi.

“Tujuan dari sosialisasi Program Simpledesa ini sendiri adalah agar perputaran uang bisa terjadi di Desa dan memungkinkan akan menjadi PADesa atas penyediaan jasa yang diberikan sehingga dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat desa, ” Jelasnya.

Ia menerangkan, bahwa Desa merupakan pemerintahan kecil namun konprehensif sehingga digitalisasi dan tehnologi merupakan keniscayaan untuk kemajuan dan perkembangan desa. (Hendra)
SUMBER: HUMAS SETDA KAB.CIAMIS

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here