Bupati Ciamis Hadiri Pelaksanaan Verifikasi Lapangan Hybrid (VLH) Evaluasi Kabupaten Layak Anak

0

KAB. CIAMIS. FOKUSPRIANGAN.ID – Bupati Ciamis Herdiat Sunarya hadiri secara langsung Pelaksanaan Verifikasi Lapangan Hybrid (VLH) Evaluasi Kabupaten Layak Anak (KLA) Tahun 2021 Kabupaten Ciamis oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia secara virtual dari Aula Bappeda Kabupaten Ciamis. senin, (07/06/2021).

Mengawali acara, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengucapkan terimakasih kepada Tim Verifikatur Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia yang melakukan verifikasi lapangan hybrid evaluasi Kabupaten Layak Anak Tahun 2021 di Kabupaten Ciamis.

Lanjut, Bupati mengatakan Kabupaten Ciamis telah memperoleh penghargaan KLA kategori Pratama Tahun 2017, 2018 dan 2019.

“Kabupaten Ciamis terus berupaya untuk selalu meningkatkan status bagi perolehan anugerah Kabupaten Layak Anak (KLA) bersama lintas sektor dan pihak lainnya, akademisi, LSOM, BUMN/BUMD dan media massa, ” Ujarnya.

Berikutnya, dipaparkan Bupati adapaun beberapa strategi untuk mewujudkan Kabupaten Layak Anak yang telah di lakukan diantaranya, mengintegrasikan pemenuhan hak dasar anak dalam kebijakan program SKPD.

Memperkuat Kelembagaan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, lembaga swadaya masyarakat dan dunia usaha melalui advokasi, sosialisasi dan fasilitasi baik sumber daya, anggaran, sarana dan prasarana.

Selanjutnya yaitu dengan membangun jaringan kerja sama dan komitmen operasional kebijakan Kabupaten Layak Anak.

Ia menerangkan, dengan Perda Kabupaten Ciamis Nomor 08 tahun 2018 tentang Kabupaten Layak Anak, Kabupaten Ciamis memiliki komitmen dalam mewujudkan KLA dalam upaya pemenuhan hak dan perlindungan anak sehingga kedepannya untuk mempersipkan anak sebagai generasi emas.

“Anak sebagai generasi emas yaitu generasi penerus bangsa yang akan menentukan masa depan dan integritas diri dan bangsa Indonesia “. Jelasnya

Menurutnya, anak tidak bisa dipisahkan dari keberlangsungan hidup bagi sebuah bangsa dan negara.

Baca Juga  Berikut Amanat Plt Wali Kota Tasikmalaya Dalam Upacara Peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2021

“Oleh karena itu, anak harus mendapatkan kesempatan seluas-luasnya untuk tumbuh dan berkembang secara optimal baik fisik, mental maupun sosialnya, ” Ujar Bupati

Bupati berharap dari beberapa capaian yang sudah di peroleh agar dapat dijadikan motivasi untuk terus meningkatkan upaya pembangunan yang responsif anak di Kabupaten Ciamis.

“Saya berharap kegiatan saat ini tidak hanya sebagai seremonial tapi juga mampu untuk mengimplementasikannya serta agar lebih semangat lagi untuk sama sama bahu membahu melindungi anak-anak kita dari hal-hal yang tidak diharapkan,” Tandasnya

Sementara itu Kepala Dinas P2KBP3A Dian Budiana mengatakan gugus tugas memiliki peran penting dalam mewujudkan kabupaten layak anak yang mana dalam hal ini adalah seluruh OPD yang ada.

Menurutnya, penilaian ini adalah penilaian Kabupaten sehingga seluruh OPD berperan aktif dalam Klaster- Klaster sesuai arah kewenanganya. Pungkasnya.(Hendra)
Sumber: Humas Setda Kab.Ciamis

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here