Pameran Bonsai Diduga Abaikan Prokes

0

KAB TASIK. FOKUSPRIANGAN.ID – Pameran tanaman Bonsai yang diselenggarakan oleh komunitas Bonsai Cisayong Galunggung (BOYONG) di lapangan Desa Nusawangi Kecamatan Cisayong Kabupaten Tasikmalaya terlihat tidak menerapkan protokol kesehatan.

Hasil pantauan Fokuspriangan.id di lapangan, kegiatan yang diselenggarakan selama 3 hari itu, mengundang banyak kerumunan. Terlihat beberapa pengunjung serta beberapa panitia tidak menerapkan protokol kesehatan, dengan tidak menjaga jarak bahkan tidak menggunakan masker.

Padahal mulai dari Pemerintah Pusat hingga Pemerintah Daerah sudah mengingatkan, agar masyarakat mengurangi mobilitas dari satu tempat ke tempat lain. Warga pun diminta menjaga jarak untuk mengurangi risiko penularan virus Corona (COVID-19).

Jajang Nandi ketua panitia kegiatan mengungkapkan, pameran ini diselenggarakan untuk para pecinta Bonsai se-Kecamatan saja, namun ternyata ada juga yang datang dari luar Kecamatan.

Bahkan, kata dia, ada juga pecinta bonsai dari luar kota yang ikut berpartisipasi dalam kontes ini. Dengan demikian, jumlah peserta pameran yang ikut berpartisipasi mencapai kurang lebih sebanyak 800 peserta,”katanya.

“Pameran ini awalnya untuk se-priangan Timur sebagaimana yang sudah di iklankan oleh bapak wakil Gubernur Jawa Barat dalam medsosnya, hanya saja untuk wilayah Cisayong saja,” ujarnya kepada wartawan saat diwawancara di lokasi pameran, Sabtu (5/6/2021).

Sementara itu, ketika ditanya terkait izin pelaksanaan, Jajang menyebutkan jika pihak panitia sudah menerima izin dari pihak Satgas Covid-19 Kecamatan serta unsur Muspika dengan menerapkan protokol kesehatan.

Di tempat lain, Danramil 1207/Cisayong Kapten Inf Herlan Ramdani saat dihubungi melalui pesan singkat WhatsApp, mempersilahkan kepada pihak Pemerintah Desa untuk melakukan kordinasi mengenai pelaksanaan kegiatan tersebut.

“Untuk masalah pameran bonsai tersebut, saya tidak melarang. Namun harus sesuaikan dengan protokol kesehatan,” ucapnya.

Baca Juga  Soroti Pemicu Banjir Bandang, Beny Cium Aroma Tak Beres di Gunung Salak

Sementara itu, ketika mencoba mengkonfirmasi kepada pihak Satgas Covid-19 kecamatan Cisayong melalui sambungan telepon, baik Camat, Kasi Trantib serta Kepala Puskesmas Cisayong, hingga berita ini diturunkan belum memberikan tanggapan terkait izin pameran Bonsai tersebut. (Ton)

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1
1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here