Di Tandai Dengan Musdes, Pemdes Sukamenak Selesaikan Serangkaian Kegiatan Pemutakhiran Data Berbasis SDGs Desa

0

KAB TASIK.FOKUSPRINGAN.ID – Pemerintah Desa Sukamenak Kecamatan Sukaresik Kabupaten Tasikmalaya telah menyelesaikan serangkaian kegiatan pemutakhiran data berbasis SDGs Desa Tahun 2021. Hal itu ditandai dengan di laksanakannya Musyawarah Desa Penetapan Hasil Pemutakhiran data di Aula Kantor Desa, Kamis (3/6/21).

H. Undang Nuryadi Kepala Desa Sukamenak mengatakan, kegiatan penetapan hasil pemutakhiran pendataan perbasis SDGs di Desanya telah selesai dilaksanakan. Mulai dari pendataan individu, Kepala Keluarga di setiap RT.

“Di Desa kami terdapat 27 RT, dengan rincian 1.614 Kepala Keluarga dan jumlah jiwanya mencapai 6.014 orang,” ujarnya kepada wartawan saat diwawancara usai kegiatan.

Undang mengungkapkan, pendataan SDGs tersebut dilaksanakan hampir selama 3 bulan lamanya. Dalam pendataan tersebut kurang lebih menghabiskan anggaran sebesar Rp 13 juta.

Mereka yang didata itu ditanya tentang berbagai macam hal, termasuk datang ke dokter mana sampai detail, pekerjaannya apa, penghasilan berapa dan yang lainnya. “Dengan adanya Data SDGs diharapkan pembangunan sesuai dengan kebutuhan dan tepat sasaran untuk meningkatkan kemajuan di Desa,” katanya.

Di tempat yang sama, Jajang Hilman Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP) tingkat Kecamatan, mengucapkan terimakasih kepada desa yang sudah melaksanakan pendataan SDGs bahkan sampai selesai secara hard copy. “Hasil penetapan ini ditandatangani oleh BPD dan kepala desa serta ketua pokja, bahwa sudah selesai melaksanakan pendataan SDGs,” ucapnya.

Jajang menyebutkan, dengan adanya SDGs ini memastikan pemerintah desa, masyarakat desa, terutama potensi yang ada di desa itu dapat tercurahkan. Nantinya jadi dasar dan patokan serta pedoman untuk tahun 2022 dalam perencanaan pembangunan bahkan bisa dimasukan ke Anggaran dan Pendapatan Belanja Desa (APBDes).

Dalam SDGs itu, lanjut dia, terdapat 18 poin, yang diantaranya terdapat desa aman pangan, desa aman ekonomi, desa sejahtera, desa kualitas pendidikannya berkualitas dan lainnya. Desa Sukamenak sendiri telah dipantau melalui Pendamping Lokal Desa (PLD) dan ketua pokja, bahwa sudah real pendataannya dan dinyatakan selesai.

Baca Juga  PT Indomaret Salurkan Dana CSR di Kecamatan Jamanis

“Kami sebagai PDP pendamping di tingkat kecamatan, berharap semua desa mengikuti aturan petunjuk dari Kementerian Desa. Terutama SDGs, karena ini menjadi patokan dasar untuk tahun 2022 agar Dana Desa betul-betul dapat bermanfaat bagi desa,” ujarnya berharap. (Anton)

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here