Puluhan Warga Lemko Desa Tenjoayu Datangi PT Koin Baju Global Tuntut Rekruitmen Kerja Untuk Warga Sekitar

0

SUKABUMI. FOKUSPRIANGAN.ID – Puluhan warga Kampung Lembur Kolot (Lemko) RW 05 Desa Tenjoayu, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi mendatangi pabrik garmen PT Koin Baju Global, Rabu (2/6/21). Mereka datang ke pabrik Garmen tersebut untuk menuntut rekrutmen kerja untuk putra daerah di lingkungan pabrik.

Pantauan dilapangan warga itu masuk ke lingkungan pabrik kendati demikian tidak mengganggu aktivitas produksi di pabrik Garmen tersebut. Tokos masyarakat setempat, Dadang mengatakan aksi ini merupakan puncak kekecewaan warga karena tidak diberikan kesempatan bekerja, padahal dampak dari limbah pembuangan Pabrik tersebut dirasakan langsung oleh warga. “Kita cuma ingin kesempatan bekerja, jangan orang luar terus yang kerja, kita yang merasakan langsung dampak dari limbah Pabrik ini, masa kita cuma dapat lingkungan yang rusak saja,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Desa Tenjoayu, Asnawi kepada wartawan mengatakan, sesuai komitmen awal, perusahaan akan merekrut tenaga kerja dari masyarakat setempat, tapi pada kenyataannya sulit.
“Saya berharap perusahaan bisa menerima tenaga kerja warga sekitar, karena selama ini ada komitmen antara perusahaan dengan warga sekitar pada saat perusahaan berdiri disini, bahwa pihak perusahaan akan menyerap warga sekitar,” ujarnya usai bertemu pihak management.

Namun, ucap Asnawi, selama ini terjadi mis komunikasi. Sehingga terjadi aksi ini, tapi sekarang perusahaan sudah merespon dan akan mempekerjakan warga sekitar. Tadi, Anawi mengaku, sudah bertemu management, baru pertama kali dirinya bisa masuk dan bertemu management. Biasanya, ucapnya, kalau ketemu di pos security saja, mungkin ada perubahan management. “Alhamdulillah sekarang sudah ada kesepakatan, jadi pihak perusahaan akan memprioritaskan pelamar warga sekitar dari pada warga luar,” tandasnya. ( Rusdi )

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1
Baca Juga  Camat Cibeber Tinjau Rumah Nyaris Roboh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here