Peringati Hari Tanpa Tembakau Sedunia, Promkes Puskesmas Mangkubumi Gelar Penyuluhan Bagi Pelajar MTs

0

KOTA TASIK, FOKUSPRIANGAN.ID – Sebagai bentuk usaha menekan tingkat prevalensi merokok dikalangan remaja yang menurut data ada peningkatan dari 7.2 persen pada tahun 2013 menjadi 9.2 persen di tahun 2018, oleh karenanya Bidang Promkes UPTD Puskesmas Mangkubumi menggelar kegiatan penyuluhan akan bahaya merokok bagi siswa MTs di salah satu MTs yang berada di Kelurahan Cigantang Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya, Senin (31/05/2021).

Bidang Promosi Kesehatan (Promkes) Puskesmas Mangkubumi Bidan Pipih Sopiah,Am Keb menjelaskan pihaknya melaksanakan kegiatan penyuluhan akan bahayanya merokok bagi kalangan siswa dalam rangka memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS) yang di peringati setiap tanggal 31 Mei.

Di hari tanpa tembakau sedunia ini, bidang promkes yakni Bidan Pipih Sopiah,Am.Keb dan Indri Kusumawati, Am.Keb bersama bidang Surveilans Asep Budi Mulyana dan anggota Posyandu Remaja Kelurahan Cigantang Dicky Dharmawan serta dari Kasi Ekbang dan Kesra Kelurahan Cigantang Tati Mulyati, S.IP mendatangi sekolah madrasah Tsanawiyah untuk memberikan edukasi dan pemahaman kepada para siswa akan bahaya merokok bagi kesehatan.

Kami di penyuluhan ini menjelaskan kalau tembakau termasuk zat adiktif karena dapat menyebabkan adiksi atau ketagihan dan dependensi atau ketergantungan bagi orang yang menghisapnya serta tembakau juga merupakan faktor resiko utama penyakit tidak menular seperti penyakit kardiovaskuler, kanker, penyakit pernafasan, diabetes militus, dan bagi ibu hamil yang terpapar asap rokok bisa berakibat bayi lahir dalam keadaan stunting atau gagal tumbuh.

“Harapan kami setelah digelarnya kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia minimal para siswa yang mengikuti kegiatan ini dapat lebih memahami akan bahaya merokok dan dapat menjadi duta yang menjelaskan kembali hasil yang didapat di penyuluhan ini di lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat dan juga di lingkungan keluarga,” harapnya. (H Amir)

Baca Juga  Kompol.Moch. Bashori, S.a.p, Kapolsek Indihiang Pimpin Apel Gabungan Sekaligus Pamitan Pindah Tugas
Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here