Berikut Amanat Plt Wali Kota Tasikmalaya Dalam Upacara Peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2021

0

KOTA TASIK, FOKUSPRIANGAN.ID – Tanggal 31 Mei Pemerintah Indonesia memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia, kampanye tahunan ini merupakan kesempatan untuk meningkatkan kesadaran akan efek bahaya mengkonsumsi rokok serta untuk mencegah penggunaan rokok dalam bentuk apa pun.

Hal tersebut dikatakan Pelaksana Tugas Wali Kota Tasikmalaya Drs H Muhammad Yusuf dalam amanatnya pada Apel pagi gabungan yang dirangkaikan dengan peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia tingkat Kota Tasikmalaya yang dilaksanakan di lapangan upacara Balekota, Senin (31/05/2021).

Badan Kesehatan Dunia (WHO) meluncurkan kampanye global selama setahun dan merupakan tema pada Hari Tanpa Tembakau Sedunia tahun 2021 yaitu ” Commit to Quit” atau “Komitmen Untuk Berhenti”. Tema ini dianggap relevan untuk menjawab tantangan di bidang kesehatan masyarakat dunia yakni Pandemi Covid-19.

“Ada keterkaitan antara pengguna rokok dengan Covid-19 yaitu perokok lebih rentan terinfeksi Covid-19. Perokok beresiko 2-3 kali lipat lebih tinggi di rawat di ICU, membutuhkan ventilasi atau bahkan meninggal akibat Covid-19.Tema berani berhenti merokok apapun jenisnya sangat sesuai dengan situasi di Indonesia yang memiliki jumlah laki-laki perokok terbesar dunia ketiga. Setelah India dan China. Selain itu prevalensi merokok di kalangan anak-anak usia 10-18 tahun meningkat dari 7.2 % pada tahun 2013 menjadi 9.2% di tahun 2018”,katanya.

H Yusuf pun menambahkan, Melihat data di atas khususnya kelompok usia remaja harus lebih ekstra diwaspadai karena remaja menjadi sasaran bagi produsen rokok yang sangat mudah di pengaruhi untuk coba coba. Hal ini sudah barang tentu akan berdampak besar terhadap kualitas sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas untuk mengisi pembangunan dimasa yang akan datang.

“Pada momentum Hari Tanpa Tembakau Sedunia mengajak kepada seluruh masyarakat Kota Tasikmalaya untuk terus bahu membahu dalam meningkatkan derajat kesehatan yang optimal terutama di fokuskan pada Covid-19 yang masih terus meningkat dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan serta terus berperan aktif dalam pencegahan dan menurunkan angka kematian ibu dan angka kematian bayi serta stunting karena ketiganya merupakan indikator utama dalam keberhasilan pembangunan kesehatan khususnya, umumnya keberhasilan pembangunan masyarakat secara keseluruhan didukung oleh stakeholder yang ada di Kota Tasikmalaya,” tandasnya.

Baca Juga  Berikut Susunan Pengurus Dekopinda Kota Tasikmalaya Masa Jabatan 2020 - 2025

Usai upacara dilanjutkan dengan kegiatan penandatangan komitmen bersama berani berhenti merokok apapun jenisnya. (H Amir)

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here