Wakil Ketua DPRD Kab.Sukabumi Sebut Harkitnas Dijadikan Momentum Kebangkitan dari Keterpurukan

0

SUKABUMI. FOKUSPRIANGAN.ID – Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) tahun ini diperingati secara sederhana. Bahkan di lingkup Pemda, Harkitnas Ke-113, Kamis (20/5/21), diperingati secara virtual dipimpin Menteri Kominfo RI, Johnny G Plate.

Harkitnas ke-113 yang diperingati di tengah pandemi mendapat tanggapan prihatin dari Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Muhammad Sodikin.

Dia menyebut, Harkitnas harus dijadikan momentum bangkit dalam segala termasuk bangkit dari keterpurukan akibat serangan Covid-19. “Harkitnas harus dan wajib menjadi momen kebangkitan. Terutama bangkit di tengah pandemi yang merupakan tantangan kita bersama,” ujar Ketua DPD PKS Kabupaten Sukabumi itu.

Kendati begitu, ucapnya, terdapat dua hal yang mampu mewujudkan kebangkitan di tengah pandemi yang dinilai butuh perjuangan ekstra tersebut. “Kuncinya semangat dan rasa nasionalisme. Itu diyakini akan mampu menghadapai bahkan melampaui situasi sulit yang dihadapi bangsa saat ini,” tegasnya.

Dalam peringatan Harkitnas ke-113 secara virtual, Menteri Kominfo RI, Johnny G Plate mengatakan, terdapat 3 substansi makna kebangkitan nasional yang harus dipertahankan dan diaktualisasikan oleh lintas generasi. “113 tahun sudah, perhimpunan Budi Utomo meletakan dasar kebangkitan nasional bagi Bangsa Indonesia. Ada 3 substansi, mulai dari cita-cita memerdekakan manusia, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat serta bermartabat di mata dunia,” terangnya.

Peringatan Harkitnas, kata Johnny, bukan sekadar seremonial untuk mengenang kejayaan sejarah masa lalu tentang soliditas persatuan Budi Utomo. Namun harus menjadi semangat kebangkitan sebagai bangsa yang tangguh, sesuai tema Harkitnas tahun ini, yakni Bangkit!, Kita Bangsa Tangguh. “Semangat kebangkitan nasional mengajarkan semua untuk optimis. Terutama dalam menghadapi semua rintangan dan persoalan. Tangguh dalam menghadapi pandemi Covid-19, tangguh dalam menghadapi sebaran hoaks, disinformasi, dan misinformasi,” tandas Johnny. (Rusdi)

Baca Juga  Pemdes Tanjungsari Gelar Sosialisasi Normalisasi Sungai Cikidang-Citanduy Pada Warga
Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here