Sampah Berserakan di Pantai Ujung Genteng dan Pantai Pangumbahan Usai Libur Panjang Lebaran Idul Fitro 1442 H

0

SUKABUMI. FOKUSPRIANGAN.ID – Libur panjang lebaran Idul fitri 1442 H menyisakan persoalan sampah di Pantai Ujung Genteng dan Pantai Pangumbahan Kecamatan Ciracap. Sampah yang berserakan ditinggalkan pengunjung wisatawan terlihat kotor dan tidak sedap dipandang mata. Pantauan dilapangan, Selasa (18/5/21), Sampah berserakan di kawasan spot wisata Bagalbatre Kalapacondong di kawasan Pantai Ujung Genteng serta beberapa titik di Pantai Pangumbahan. Sampah itu terdiri dari kemasan makanan dan minuman, bahkan ada juga botol minuman beralkohol.

Sebagian pemilik warung dan penginapan sudah mulai membersihkan sampah di lokasi wisata kemudian mengumpulkan nya disatu tempat untuk selanjutrnya diangkut mobil sampah yang sudah beroperasi. Ada juga pemilik warung dan penginapan yang berinisiatif membakar sampah tersebut agar tidak terlalu menumpuk.

Karyawan Homestay di Pantai Pangumbahan Acong menuturkan, truk sampah sudah beroperasi sejak hari Jumat lalu. Untuk sampah yang berada di pesisir pantai, Acong menuturkan, belum sempat dibersihkan. “Sampah yang ada di pesisir pantai memang belum sempat dibersihkan, karena masih adanya Pengunjung yang berdatangan,” ucap Acong.

Dia menuturkan, untuk sampah disekitar warung atau penginapan akan dibersihkan oleh pemilik secara bertahap dan ketika pengunjung benar-benar sepi, kegiatan bersih-bersih sampah akan dilanjutkan kembali. Nantinya pembersihan sampah di kawasan Pantai juga akan melibatkan para pemuda lingkungan. “Sudah rutin dibersihkan sama pemuda dan kami juga,” jelasnya.

Sementara itu, Asep (35 ) juga nampak sibuk memungut botol plastik yang berserakan di pantai itu. Asep merupakan seorang pemulung dari Kampung Citaritih Desa Pasiripis, Kecamatan Surade yang sudah mengumpulkan 5 kantong besar botol plastik bekas botol minuman dari pesisir Pantai Ujung Genteng dan Pantai Pangumbahan. “Saya mulai dari hari Sabtu kemarin sudah mendapat 5 kantong besar sampah dari bahan plastik, seperti botol minuman mineral,” tandasnya.
( Rusdi )

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1
Baca Juga  Disidik Pangandaran Salurakan Bantuan Audio Vidio Conference Untuk Mudahkan PJJ

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here