Paska Idul Fitri 1442 H, Puskesmas Mangkubumi Lakukan Tracing Dan SWAB Antigen di Wilayah Kelurahan Mangkubumi

0

KOTA TASIK, FOKUSPRIANGAN.ID – Paska perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 H, di wilayah kerja UPTD Puskesmas Mangkubumi terjadi peningkatan angka kasus Covid-19,salah satunya di wilayah Kelurahan Mangkubumi. Dalam hal ini Kelurahan Mangkubumi mendapatkan kasus terbanyak yaitu sebanyak 22 dari total 35 kasus aktif, hal ini dikatakan bagian Surveilans Puskesmas Mangkubumi Asep Budi Mulyana saat dihubungi awak media melalui jaringan Whatsapp, Senin (17/05/2021).

Mendapati hal ini, pihak Puskesmas bersama tim gugus tugas Kelurahan Mangkubumi melakukan kegiatan tracing ke lokasi. Karena ini memang menjadi fokus khusus kita untuk penanganan kasus Covid-19 paska perayaan Idul Fitri. Salah satunya yang kita tracking adalah kasus yang kita dapatkan pada tanggal 16 Mei 2021 dimana ada kasus terkonfirmasi, yang pasien terkonfirmasi tersebut pelaku perjalanan keluar kota. Pasien tersebut mendapat adanya keluhan. Setelah diperiksa, ternyata hasil antigennya positif. Kita pun membawa pasien tersebut ke RSUD dr Soekardjo. Setelah itu pihak kita melakukan pengembangan pada hari Senin 17 Mei 2021 dimana terdapat kontak erat anggota keluarga sebanyak 3 orang dan rekan ada 1 orang dengan pasien yang telah kita bawa. Kita pun dengan cepat melakukan kegiatan tracing ke lapangan.

Pada kegiatan tracing ini pun dipantau langsung oleh Lurah Mangkubumi Erik Nurbani,S.STP, Babinsa Kelurahan Mangkubumi Serma Ogi Hakiki, Bhabinkamtibmas Kelurahan Mangkubumi Bripka Edi Kurniawan, Ketua RW dan Ketua RT setempat.

Kita selain lakukan tracing, pada kesempatan tersebut juga dilakukan SWAB antigen. Yang mana hasilnya kita mendapatkan 3 kasus baru yang terkonfirmasi positif Covid-19 dari keluarga. Setelah dilakukan koordinasi dengan pihak Kelurahan dan memberikan pemahaman kepada pihak keluarga, akhirnya ketiga pasien tersebut mau di evakuasi ke RS Dewi Sartika. Karena memang Pemerintah Kota Tasikmalaya sudah menyediakan fasilitas khusus untuk kasus Covid-19.

Baca Juga  Sambut Bulan Ramadhan Pemerintah Kecamatan Pagerageung Laksanakan Tarhib Marhaban Yaa Ramadhan

“Adapun untuk pengembangan kasus ke depannya, memang ini menjadi fokus kami dari Puskesmas Mangkubumi dan gugus tugas Kelurahan Mangkubumi, dengan adanya arus mudik yang terlebih dahulu mudik sebelum adanya pos penyekatan, dikhawatirkan adanya penambahan kasus yang signifikan. Dengan pelaksanaan tracing ini diharapkan kita bisa mencegah hal tersebut, sehingga kasus Covid-19 di Kelurahan Mangkubumi khususnya atau di wilayah kerja Puskesmas Mangkubumi umumnya dapat kita tanggulangi secepat mungkin sehingga tidak terjadi transmisi lokal yang lebih banyak dan wabahnya menjadi tidak terkendali,” harap Asep Budi. (H Amir)

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
3
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here