Warga Ciseupan Tukarkan Tabungan Sampah Dengan Paket Sembako Jelang Idul Fitri 1442 H

0

SUKABUMI. FOKUSPRIANGAN.ID – Jelang lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah, sejumlah warga di Kampung Ciseupan, Desa Seuseupan, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi menukarkan tabungan sampah yang telah mereka kumpulkan dengan paket sembako lebaran.

Ini merupakan program Bank Sampah Maggot Incubifarm Cabang Ciseupan yang dikomandoi Solihin. Solihin mengatakan paket sembako yang diperoleh warga adalah berupa minyak goreng, gula pasir, terigu, dan lain-lain.
“Para nasabah juga mendapatkan paket lebaran berupa beras, telur, dan ikan lele,” katanya kepada wartawan. (8/5/21).

Program ini unik karena beras, telur, dan ikan lele tersebut adalah hasil budi daya tim Incubifarm Bank Sampah Maggot. Paket sembako yang diterima warga juga bervariasi tergantung jumlah poin yang dikumpulkan. “Kita memiliki pertanian padi yang dipupuk dengan kasgot (media sisa budi daya maggot). Kita memiliki peternakan ikan lele dan ayam petelur yang diberikan pakan maggot. Maggot dibudidayakan dengan pakan sampah yang berasal dari tabungan sampah organik dari warga dan pasar,” jelas Solihin.

Bank Sampah Maggot menerima sampah organik dan non organik dari warga seperti dus bekas dan plastik. Tak hanya itu, diterima pula minyak jelantah sebagai komponen tabungan sampah. “Dengan program Bank Sampah Maggot ini banyak manfaatnya seperti edukasi tentang lingkungan, adanya nilai ekonomi dari sampah yang ditabung masyarakat, dan lingkungan lebih bersih,” tandasnya. ( Rusdi )

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1
Baca Juga  KS PPS Baytul Ikhtiar Buka Kantor Cabang di Kecamatan Manonjaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here