Sebelum dan Sesudah Hari Raya Idul Fitri 1442 H Hiswana Migas Sukabumi Pastikan Stock Gas Elpiji 3 Kg Aman

0

SUKABUMI.FOKUSPRIANGAN.ID – DPC Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) Sukabumi menjamin tidak akan terjadi kelangkaan elpiji dan Bahan Bakar Minyak (BBM) di wilayah Kota dan Kabupaten Sukabumi, sebelum dan sesudah Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

Para pengusaha yang tergabung di dalam Hiswana Migas telah melakukan berbagai upaya dan langkah untuk menjamin persediaan elpiji dan BBM dapat memenuhi kebutuhan masyarakat selama lebaran.
“Ketersediaan elpiji 3 kilogram dan 15 kilogram menjelang dan sesudah Idul Fitri 1442 Hijriyah dipastikan aman untuk memenuhi permintaan di Kota maupun Kabupaten Sukabumi,” kata  Seketaris DPC Hiswana Migas Sukabumi, H. Yedi Nurhayadi di kantornya, Sabtu (8/5/21).

Yedi memprediksi menjelang Lebaran akan terjadi peningkatan permintaan antara 20-30 persen. Itu sudah diantisipasi. Sepanjang 6 sampai 9 Mei 2021, Hiswana Migas Sukabumi mendapat extra droping dari Pertamina sebanyak 30-40 persen untuk elpiji.

Total permintaan elpiji per bulan untuk Kota Sukabumi sebanyak 300-400 ribu kilogram sedangkan Kabupaten Sukabumi mencapai 2,1 juta kilogram. Extra droping dapat mengantipasi lonjakan permintaan terhadap elpiji di Hari Raya Idul Fitri. “Insya Allah kami menjamin tidak ada istilah kelangkaan elpiji baik menjelang maupun sesudah Lebaran. Selain extra droping, kami juga menyiapkan  Satgas pengamanan stok untuk Hari Raya Idul Fitri,” jelasnya.

Di tempat yang sama Wakil Ketua 2 DPC Hiswana Migas Sukabumi, Ir. Roni Darmawan Gandi mengatakan, seluruh SPBU yang ada di Kota dan Kabupaten  siap melayani permintaan masyarakat akan BBM. Bahkan, mobil Pertamina standby untuk mengantisipasi lonjakan permintaan BBM di kantung-kantung SPBU. “Kantong-kantong SPBU ini akan menjaga keterlambatan kiriman akibat kemacetan di jalan seperti sering terjadi di daerah Cicurug, Cibadak, dan Palabuhanratu. Jadi nanti tidak akan ada istilah kelangkaan BBM di SPBU,” kata Roni.

Baca Juga  Babinsa dan Bhabinkamtibmas Leuwikoja Monitoring Pelaksanaan Vaksinasi Tahap Pertama Untuk Lansia

Semua tangki di SPBU dalam posisi terisi penuh sebelum Idul Fitri. Tangki-tangki tersebut siap diisi oleh mobil Pertamina yang standby di kantung-kantung SPBU. Di Sukabumi terdapat 41 SPBU yang beroperasi. “Kami juga memastikan tidak ada kenaikan harga BBM menjelang dan selama Lebaran. Harga tetap normal,” ujarnya.

Sementara Bendahara DPC Hiswana Migas Sukabumi, H. Dentris M. Ikhsan menambahkan, persediaan BBM di setiap SPBU minimal 120 ribu kiloliter untuk jenis Pertalite, Dexlite, Pertamax, Pertamax Turbo, dan Pertamina Dex.
“Pada H-3 semua SPBU sudah full tank untuk persediaan. Saat ini kebanyakan masyarakat memilih BBM jenis Pertalite karena tertarik dengan program langit biru,” kata Dentris. ( Rusdi )

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here