Wabup Sukabumi Berharap Hadirnya Investasi Bukit Algoritma Dapat Mempercepat Status KEK Sukabumi

0

SUKABUMI. FOKUSPRIANGAN.ID – Bukit Algoritma akan dibangun di atas lahan yang telah diusulkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus ( KEK ) Sukabumi. Hal itu dikatakan Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri usai menerima penjelasan dari Ketua Pelaksana PT Kiniku Bintang Raya Kerja Sama Operasional atau KSO Bukit Algoritma Budiman Sudjatmiko di Pendopo Sukabumi, Jumat (30/4/21). “Hari ini ada kejelasan bahwa Bukit Algoritma itu adalah investasi yang ada di dalam KEK. Jadi lanjutan dari KEK ini adalah investor melalui perusahaan yang dibawa Pak Budiman Sudjatmiko dan Pak Dhanny Handoko,” kata Iyos kepada wartawan.

Dikatakannya, saat ini status KEK Sukabumi masih dalam proses. Ia berharap hadirnya investasi Bukit Algoritma dapat mempercepat proses penetapan status KEK Sukabumi oleh Dewan Nasional KEK Republik Indonesia. “Saya tekankan kalau di luar koridor KEK itu harus ada perizinan baru. Tapi kalau di koridor KEK kan kita tinggal menunggu keputusan dari Dewan Nasional KEK,” ujar Iyos.

Ia menyebut Pemerintah Kabupaten Sukabumi siap mendukung rencana Bukit Algoritma karena proyek tersebut membawa investasi yang besar dan bisa melahirkan multiplier effect bagi kesejahteraan masyarakat. “Langkah ke depan kita akan segera berkoordinasi dengan provinsi dan juga kita akan segera berkoordinasi dengan pejabat pusat bersama teman-teman Bukit Algoritma,” katanya.

Kendati begitu, ucap Iyos, dirinya juga meminta agar investasi yang masuk melalui proyek Bukit Algoritma dapat mengutamakan penyerapan tenaga kerja lokal dari Sukabumi sesuai dengan kapasitas yang ada. “Nah kalau high technology mungkin sangat terbatas, tetapi kan ada segmen-segmen lain yang bisa dikerjakan oleh warga Sukabumi. Yang paling penting adalah tidak diboyong semuanya oleh pekerja luar, tapi justru kita utamakan pekerja lokal yang sesuai dengan kapasitasnya,” jelas Iyos.

Baca Juga  Pemdes Desa Buniara Salurkan BLT Tahap II Dari Kemensos

Ketua Pelaksana PT Kiniku Bintang Raya KSO Budiman Sudjatmiko mengatakan salah satu kendala belum ditetapkannya usulan KEK Sukabumi oleh Dewan Nasional KEK adalah karena belum adanya kepastian investasi yang masuk. “Permintaan dari Dewan Nasional KEK, status nasional KEK akan bisa diperoleh jika ada realisasi investasi. Saya juga sempat melaporkan ini ke Pak Presiden Joko Widodo, Menteri Investasi Pak Bahlil Lahadalia, dan Menteri Sekretariat Negara Pak Pratikno,” kata Budiman.

Menurutnya Bukit Algoritma merupakan realisasi dari usulan KEK Sukabumi yang telah didukung Pemerintah Kabupaten Sukabumi dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. “Kami akan menunjukkan kepada pemerintah pusat bahwa Pemerintah Kabupaten Sukabumi mendukung, nanti kita akan sowan kepada pejabat terkait di tingkat pusat. Kita komunikasi dengan Sukabumi dulu, baru kalau Sukabumi beres kemudian ke Provinsi Jawa Barat,” tandas Budiman. ( Rusdi )

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here