Dinkes Kota Tasik Berharap Pemprov Jawa Barat Dapat Memperpanjang Fasilitas Akomodasi Bagi Nakes Yang Menangani Pasien Positif Covid-19

0

KOTA TASIK, FOKUSPRIANGAN.ID – Inspektorat Provinsi Jawa Barat yang mewakili Pemerintah Provinsi Jawa Barat memberikan apresiasi kepada Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya atas upaya maksimal yang telah dilaksanakan dalam hal penanganan Covid-19.

Ini disampaikan Inspektorat Provinsi Jawa Barat Ganjar Yuniarsyah usai menghadiri acara evaluasi kegiatan fasilitasi akomodasi bagi tenaga kesehatan yang menangani pasien Covid-19 di Hotel Harmoni Jalan R. Ikik Wiradikarta No.51, Kelurahan Tawangsari, Kec. Tawang, Kota Tasikmalaya, Senin (26/05/2021).

Inspektorat Provinsi Jawa Barat, Ganjar Yuniarsyah menyampaikan dirinya yang mewakili Pemerintah Provinsi Jawa Barat menghadiri kegiatan evaluasi kegiatan fasilitasi akomodasi untuk nakes Covid-19 di Kota Tasikmalaya yang diselenggarakan di Hotel Harmoni ini memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya atas upaya yang telah dilaksanakan dalam hal penangganan Covid-19.

“Tak lupa juga kami sampaikan hal yang sama kepada tenaga kesehatan yang telah bertugas dari awal Pandemi Covid-19 dan menjadi garda terdepan dalam upaya penanganan Covid-19. Harapannya kita akan terus berupaya keras untuk mengurangi jumlah pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 dengan berbagai upaya yang dilakukan oleh rekan-rekan Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya,” katanya.

Adapun adanya keinginan pengajuan yang minta diperpanjang masa kontrak di hotel Harmoni Ganjar menyampaikan bahwa dirinya tidak dapat memberi keputusan, karena hal ini ada yang lebih berwenang menjawab.

Karena masalah ini terkait dengan ketersediaan a lokasi anggaran di Pemerintahan Provinsi Jawa Barat juga, jadi di Pemerintahan Provinsi itu tidak hanya di Kota Tasikmalaya saja, tetapi kami juga harus mengalokasikan bantuan ke Kota atau Kabupaten lainnya yang ada di Jawa Barat sehingga mungkin mengenai kelanjutan ini akan menjadi pembahasan kami di Pemerintah Provinsi Jawa Barat,” ucapnya..

Baca Juga  Kabar Baik, Akses Jalan Yang Rusak, Berlubang dan Tergenang Air Akan Segera di Perbaiki

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya dr Uus Supangat menuturkan dengan akan berakhirnya fasilitas bagi tenaga kesehatan yang melayani Covid-19 yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat oleh karenanya Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya menyelenggarakan acara evaluasi kegiatan fasilitas akomodasi bagi nakes Kota Tasikmalaya yang memang bertugas di fasilitas-fasilitas kesehatan khususnya di Rumah Sakit dan ruang karantina yang memberikan pelayanan untuk pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Saat ini tidak terasa sudah sekitar 3 bulan tenaga kesehatan mendapat dukungan akomodasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat berupa bermalam di Hotel Harmoni ini.

Rencananya pada akhir bulan April 2021 sudah selesai masa kontrak fasilitas dan akomodasi bagi tenaga kesehatan yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Alhamdulillah manfaat yang didapatkan bagi para nakes ini sungguh luar biasa yang mana tenaga kesehatan yang mendapat fasilitas di hotel ini ada sekitar 100 orang. Yang ditempatkan disini notabene yang hampir sebanyak 90% adalah non ASN. Betul-betul relawan.

Yang terkait dengan akomodasi dari Pemerintah Kota Tasikmalaya ada keterbatasan, oleh karena itu kita sangat berharap bantuan dari Provinsi, kami pun berharap bantuan yang terkait dengan penyediaan akomodasi buat nakes ini dapat di perpanjang tidak berakhir di tanggal 30 April mendatang.

Kami pun mengucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur Jawa Barat, Bapak H Ridwan Kamil yang memang telah banyak membantu dan secara umum, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, untuk Kota Tasikmalaya banyak dibantu tidak hanya untuk akomodasi juga dari alat kelengkapan lainnya, termasuk untuk PCR, Rapid Antigen kemudian juga termasuk obat-obatan kita banyak di bantu oleh Pemerintah Provinsi.

“Kita tetap berharap ada perpanjangan, namun bila sampai dengan batas akhir waktu yang telah ditentukan masih belum ada jawaban, tentu Pemerintah Kota Tasikmalaya mulai dari sekarang sudah mulai menyiapkan. Kita juga siap-siap. Ada beberapa alternatif yang akan kita jalankan yakni apalah kita akan kembali ke Rusunawa, atau kalau memang terpaksa kita akan mengkostkan mereka, tapi mudah-mudahan saja ikhtiar kita semua ikhtiar Pemerintah Kota Tasikmalaya melalui Dinas Kesehatan, didalam memperjuangkan untuk bisa mendapatkan fasilitasi akomodasi ini diteruskan, mudah-mudahan bisa dipertimbangkan oleh Provinsi untuk kembali diperpanjang,” harapnya. (H.Amir)

Baca Juga  Walikota Tasikmalaya Laksanakan Monitoring Malam Takbiran Ditengah Pandemi Covid-19
Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here