2 Pesan Plt Wali Kota Tasikmalaya di Apel Puncak Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana

0

KOTA TASIK, FOKUSPRIANGAN.ID – Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tasikmalaya Drs H Muhammad Yusuf menjadi Inspektur Upacara pada acara apel puncak Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) Tahun 2021 tingkat Kota Tasikmalaya di Lapangan Upacara Balekota, Senin (26/04/2021).

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya H Undang Hendiana dalam laporannya menyampaikan maksud dari Hari Kesiapsiagaan Bencana adalah dalam rangka mendorong setiap individu, keluarga maupun komunitas untuk selalu siaga menghadapi bencana.

Adapun tujuannya adalah untuk membangun kesadaran dan kewaspadaan bencana pada tingkat keluarga di masa Pandemi Covid-19,” katanya.

Sementara dalam amanatnya Pelaksana Tugas Walikota Tasikmalaya Drs H Muhammad Yusuf mengatakan pada kesempatan yang baik ini perlu di informasikan bahwa Pemerintah Daerah selama ini untuk menjawab permasalahan-permasalahan kebencanaan di Kota Tasikmalaya antara lain sedang melakukan perencanaan penanggulangan bencana berupa penyusunan kajian resiko bencana dan rencana penanggulangan bencana yang dijadikan pedoman dalam penanggulangan bencana di Kota Tasikmalaya.

“Selain itu memberlakukan peraturan-peraturan mengenai pencegahan bencana dan pengurangan resiko bencana non alam Pandemi Covid-19, melakukan sosialisasi dan pelatihan kepada masyarakat terhadap pentingnya upaya bersama dalam penanggulangan bencana.

Pada kesempatan ini pun saya berpesan kepada seluruh perangkat daerah antara lain :
Pesan pertama : agar selalu bersinergi dalam melakukan upaya-upaya preventif pencegahan dan pengurangan resiko bencana ini di wilayah-wilayah rawan bencana dengan mengerahkan seluruh sumber daya yang ada serta senantiasa melibatkan berbagai unsur pentahelix termasuk pelibatan masyarakat, relawan penanggulangan bencana yang ada di tiap Kecamatan dan Kelurahan, Pesan kedua yaitu lakukan latihan, gladi dan simulasi yang melibatkan unsur masyarakat sampai kepada tingkat keluarga agar kesadaran dan kewaspadaan terhadap bencana dapat terbangun sampai tingkat keluarga di masa pandemi Covid-19,” pesannya. (H.Amir)

Baca Juga  Galeri Dekranasda : Dapat Meningkatkan Produk Kerajinan Khas Cilegon
Bagaimana tanggapan anda ?
+1
2
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here