Target Jabinsa Mewujudkan Zero Korupsi di Kab. Sukabumi

0

SUKABUMI. FOKUSPRIANGAN.ID – Program Jaksa Bina Desa (Jabinsa) Kejaksaan Negeri Kabupaten Sukabumi terus bergulir. Target dari Jabinsa tersebut yakni mewujudkan “zero” korupsi di Kabupaten Sukabumi.

Hal tersebut dikatakan Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Kabupaten Sukabumi, Aditia Sulaeman S.H kepada wartawan, Jumat (23/4/21). Menurutnya, tujuan program Jaksa Bina Desa, diantaranya mengenalkan kejaksaan ke masyarakat khususnya di pelosok, berperan aktif dalam upaya meningkatkan perekonomian di desa dengan menggali sumber potensi desa yang ada, membina dan meningkatan pengetahuan hukum, dan mendukung program Gerakan Desa Anti Korupsi dan terwujudnya zona bebas Korupsi. “Program ini sudah kami laksanakan sejak tanun 2020 akhir. beberapa anggota yang ditunjuk Kepala Kejari sudah melaksanakan tugasnya ke beberapa Kecamatan dan desa di Kabupaten Sukabumi” terangnya.

Sejauh ini, ucap Aditia, respon masyarakat sangat positif dan antusias, masyarakat mengapresiasi kedatangan para jaksa untuk mengenalkan dan memberi pengetahuan tentang hukum juga memgenalkan lembaga Kejaksaan secara langsung. “Penerimaan dari masyarakat cukup baik, antusiasmenya cukup tinggi, artinya Jabinsa diterima baik oleh masyarakat di Desa,” katanya.

Sementara itu, Kepala Sub Seksi Ekonomi, keuangan dan pengamanan pembangunan strategis, Mulkan Balya SH. Menekankan bahwa program bina desa untuk mewujudkan wilayah zero korupsi dan selain masyarakat desa bisa mengerti dan mengenal hukum lebih luas. “Hal ini menjadi harapan Kejaksaan Negri Kabupaten Sukabumi atas program Jaksa Bina Desa, dengan sadar hukum, wilayah bebas korupsi, maka kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat akan meningkat” ujarnya.

Menurutnya, biasanya masyarakat baru mengenal kejaksaan ketika tersandung masalah hukum, melalui program ini diharapkan pengetahuan masyarakat tentang hukum jadi meningkat dan dapat merasakan manfaatnya. “Jadi Jabinsa ini merupakan salah satu strategi Kejaksaan untuk mendekatkan dengan masyarkat, serta memberikan penerangan hukum kepada masyarakat, khususnya di desa” tandasnya. ( Rusdi )

Baca Juga  Karena Abaikan Protokol Kesehatan Turnamen Bola Volley di Desa Cibongas Dibubarkan
Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here