Keberadaan Eceng Gondok di Keluhkan Petani Ikan Waduk Cirata, Ini Kata Ketua KPKJA

0

KAB. CIANJUR. FOKUSPRIANGAN.ID – Eceng gondok masih menjadi bagian dari permasalahan para petani ikan di waduk Cirata Jangari, apa lagi di musim penghujan, Eceng gondok kerap memenuhi dermaga atau pinggiran perairan waduk, maka dari itu Ketua Kelompok Petani Kolam Jaring Apung (KPKJA), H. Edi Mengajak semua pelaku usaha di waduk Cirata bekerja sama dalam membersihkan eceng gondok, serta mengajak semua pihak memikirkan cara untuk memberantas keberadaan Eceng gondok yang memang di keluhkan para petani ikan.

“Kami berharap semua pelaku usaha di waduk Cirata ini bekerja sama mencari solusi untuk memberantas atau membersihkan tumpukan Eceng gondok, karena keberadaan Eceng gondok sangat berpengaruh terhadap suplai oksigen yang pada akhirnya akan berpengaruh juga terhadap hasil panen,”kata H. Edi, seusai melaksanakan Musyawarah di halaman Desa Bobojong, Kecamatan Mande, Rabu, (14/04/21).

H.Edi menyebutkan, meskipun keberadaan mesin pencacah Eceng masih beroperasi namun ada saja kendala di lapangan yang harus di pikirkan bersama sama.

“Mesin masih beroperasi, meskipun hasilnya kurang memuaskan. Alasan tidak memuaskan karena tetap saja ada kendala, misalnya saat beroprasi, kayu, bambu bahkan kasur bekas kerap terbawa, akhirnya pisau tidak jarang menjadi tumpul, bahkan bengkok hingga pada akhirnya di ganti,”ujarnya.

Edi menambahkan, untuk daerah Kecamatan Mande khsusnya daerah Desa Cikidangbayabang pihaknya telah mendapatkan bantuan alat berat Beko dari BPWC dan masih beroprasi setiap hari di perairan waduk Cirata di daerah Coklat.

“Mudah mudahan kedepannya KPKJA dapat memiliki Beko,karena cara kerjanya lebih bagus alat berat Beko meskipun akses kerjanya harus melalui darat,”tambah Edi. (Andri.S)

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
1
+1
+1
+1
Baca Juga  Danrem 062/TN Pimpin Langsung Acara Sertijab Dandim 0612/Tasikmalaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here